365
Sunday, 05 July 2020 20:08 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Qurban Mengalami Kenaikan

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Qurban Mengalami Kenaikan

Bingkaiwarta, KUNINGAN -  Jelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Idul Qurban yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah 1441 Hijriyah atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 2020, pasar hewan di Kabupaten Kuningan di dominasi kambing dan domba.

Ahyono (57) penjual hewan qurban mengatakan untuk jumlah hewan qurban akhir -akhir ini memang banyak. Mereka (para penjual, red) datang kesini untuk memperlihatkan hewan peliharaannya kepada calon pembeli," kata Ahyono yang merupakan warga Kelurahan Awirarangan, Minggu (5/7/2020).

Ia menjelaskan, harga jual kambing atau domba untuk tahun sekarang itu mengalamai kenaikan yang signifikan. "Untuk perekor kenaikan harga jual rata-rata sebesar Rp 300 ribu atau gimana jenis hewan kurban tersebut," jelasnya.

Selain itu, menurutnya, jumlah pembeli juga mengalami peningkatan dari hari biasa sebelum jelang Idul Qurban mendatang."Selain penjual hewan qurban datang dari mana-mana, para calon pembeli juga datang dari dalam dan luar daerah," ujarnya. 

Berdasarkan pantauan, sejumlah kambing yang di perjualbelikan itu memiliki postur kambing yang bagus dan terlihat kuat."Iya kambing atau domba bisa dilihat langsung. Rata-rata untuk penjualan hewan qurban itu bertanduk," imbuhnya.

Ahyono menambahkan, mengenai syarat hewan layak qurban, yaitu hewan siap jual untuk berqurban dan rata -rata umurnya di atas satu tahun. "Kan, kalau kambing atau domba yang ompong atau giginya pulak satu, itu umurnya sudah masuk satu tahun," ucapnya.

Sementara untuk harga jual setiap per ekornya itu berbeda dan variatif, mulai dari Rp 1,7 juta hingga 5 juta juga ada. (Abel Kiranti)

Hari Raya Idul Adha Idul Adha Idul Qurban pasar hewan Kabupaten Kuningan kambing domba

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait