217
Wednesday, 14 October 2020 15:56 (2 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Jelang TMMD Ke-111, Kodim 0615/Kuningan Gelar Rakor

Jelang TMMD Ke-111, Kodim 0615/Kuningan Gelar Rakor

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Untuk mempersiapkan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021, Kodim 0615/Kuningan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Rensas Program Terpadu TMMD ke-111 Tahun 2021 bersama instansi terkait di Aula Mashud Wisnu Saputra, Makodim 0615/Kuningan, Jl. RE. Martadinata No. 97 Ciporang, Kuningan, Rabu (14/10/2020) pagi.
 
Kegiatan rakor tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kuningan, MH. Ridho Suganda, Waka Polres Kuningan, Kompol Jaka Mulyana, para pimpinan SKPD, Danramil 1504/Subang, Kapten Inf Ibnu Sahid, Kapolsek Selajambe, Iptu Taupik Muharjo, Sekmat Selajambe, Kepala Desa Jamberama dan Kepala Desa Padahurip.
 
Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi mengemukakan, kegiatan TMMD ke-111 akan dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2021 selama 30 hari di Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan.
 
"Dalam pelaksanaan TMMD ke-111 nanti,  ada 2 sasaran yaitu fisik dan non fisik. Sasaran fisiknya yaitu, ada pembuatan jalan dan pembangunan-pembangunan yang seharusnya kita bangun di Desa Jamberama. Kita rakor ini berkaitan dengan sinergitas antara institusi yang ada di Kabupaten Kuningan. Baik oleh pemerintah daerah, maupun kepolisian. Biasanya TMMD ini melibatkan semua institusi, steakholder yang ada di Kabupaten Kuningan," ungkap Dandim Kuningan saat dimintai keterangan oleh bingkaiwarta.com usai Rakor.
 
Ia menjelaskan, kegiatan TMMD adalah amanat dari Undang-undang No.03 Tahun 2004 tentang Pertahanan. "Yaitu
bagaimana cara kita mempersiapkan Rakjuang. Ruang, alat dan kendali juang yang tangguh untuk pertahanan kita. Pertahanan itu tidak bisa ujug-ujug besok kita mau perang, hari ini kita baru siapkan. Tidak bisa. Pertahanan itu harus dipersiapkan secara dini sehingga pada saat ada ancaman menyangkut dengan kedaulatan dan sebagainya, itu kita sudah siap," jelasnya.
 
Terkait anggaran TMMD sendiri, Dandim Kuningan menyebutkan, sumber anggaran terdiri dari anggaran pusat dan juga anggaran dari daerah. "Alhamdulillah, dari pemerintah daerah Kabupaten Kuningan telah mengaloksikan anggaran yang cukup besar menurut saya. Sehingga, Insya Allah sasaran-sasaran kita bisa di masksimalkan dengan struktur-struktur yang lebih bagus tidak apa adanya. Karena, semua sasaran fisik pasti memerlukan anggaran," ujarnya.
 
Dandim Kuningan pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah , dan institusi-institusi pemerintahan yang ada, baik dari Kepolisian, Kemenag, Perhutani, BPBD, dan yang lainnya. "Ya alhamdulillah juga, mereka siap mendukung. Kami juga menghimbau kepada para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Kuningan ini, agar bisa menyumbangkan CSR nyamelalui moment TMMD," pungkasnya. (Abel Kiranti)
TNI TMMD RAKOR KUNINGAN KODIM0615 DANDIM BPBD

Komentar

Berita Terkait