328
Wednesday, 24 June 2020 17:44 (2 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Jumlah Kampung KB Harus Seimbang Dengan Jumlah Desa Yang Ada di Kabupaten Kuningan

Jumlah Kampung KB Harus Seimbang Dengan Jumlah Desa Yang Ada di Kabupaten Kuningan

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar berikan arahan pada kegiatan Bimbingan Teknis Pelaporan Online Pendamping Kampung KB di Aula Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan, Rabu(23/06/2020). Hadir dalam kegiatan Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Para PKB, TPD, dan PL KB Kabupaten Kuningan.

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan Trisman Supriatna mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan Tim KB di lapangan dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Kuningan melalui program Keluarga Berencana. 

"Kabupaten Kuningan saat ini telah memiliki 117 kampung KB. Dan program kampung KB (Keluarga Berkualitas) merupakan program unggulan. Adapun tujuan kegiatan bimtek yaitu untuk meningkatkan kemampuan PL ( Penyuluh Lapangan) KB dalam pelaporan online kampung KB," kata Trisman.

Ia berharap dari kegiatan tersebut masyarakat dapat menjalankan 8 fungsi keluarga salah satunya fungsi reproduksi, fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, pendidikan, ekonomi serta fungsi pelestarian lingkungan. 

"Dengan demikian, keluarga tersebut diharapkan mampu melakukan fungsi reproduksinya dengan baik dan terencana. Bagaimana semuanya terencanakan, mulai menikah, kemudian memiliki anak, pendidikan anaknya dan sebagainya," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar berpesan agar para petugas bisa berinovasi , berkreativitas untuk mensiasati terkait kebijakan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam penyampaian sosialisasi ke masyarakat dengan pemanfaatan teknologi. 

Serta dengan penerapan konsep pembangunan pentahelix yang selalu digaungkan oleh Gubernur Jabar, dimana unsur pemerintah, masyarakat/komunitas, akademisi, pengusaha dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

"Dengan demikian program KB akan maksimal dengan menerapkan konsep tersebut. Dalam mewujudkan kampung KB harus menerapkan pula pola anutan yang baik. Saya berharap agar jumlah Kampung KB bisa lebih ditingkatkan seimbang dengan jumlah desa yang ada di Kabupaten Kuningan," pungkasnya. (Abel Kiranti)

pelaporan online Kampung KB Dian Rachmat Keluarga Berkualitas Keluarga Berencana TP. PKK

Komentar

Berita Terkait