Kabupaten Kuningan Kembali Meraih Penghargaan Pasar Tertib Ukur

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2018-12-07 22:40:01+07

Kabupaten Kuningan Kembali Meraih PS.jpg

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH., saat menerima Penghargaan Pasar Tertib Ukur tahun 2018 dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia, di Hotel El Royale, Bandung, Kamis (06/12/2018).

 

Kuningan – Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH., didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan Drs. H. Agus Sadeli, M.Si., kembali menerima Penghargaan Pasar Tertib Ukur tahun 2018, di Hotel El Royale, Bandung, Kamis (06/12/2018).

Penghargaan Pasar Tertib Ukur pada tahun ini diberikan untuk Pasar Rakyat Cibingbin. Sedangkan sebelumnya, penghargaan serupa telah diraih oleh Pasar Baru Kuningan pada tahun 2017.

Menurut Kepala Disperindag Kabupaten Kuningan Drs. H. Agus Sadeli, M.Si., penghargaan tersebut merupakan salah satu kewenangan dari Pemerintah Pusat kepada setiap kabupaten/kota dalam memberikan perlindungan kepada konsumen .

Tujuannya untuk menentukan apakah suatu pasar telah tertib terkait alat takar, timbang dan ukurnya. Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perdagangan melakukan tera ulang (menguji) setiap alat tersebut ke seluruh pasar tradisional di Indonesia.

Penghargaan Pasar Tertib Ukur ini tidak lain untuk mencari tahu semua alat takar, ukur dan timbang di suatu pasar telah memenuhi syarat. Sehingga kondisi ini dapat memberikan perlindungan kepada konsumen.

“Kita di tahun 2018 ini mengajukan Pasar Rakyat Cibingbin untuk dilaksanakan Pasar Tertib Ukur. Artinya semua jenis alat ukur, takar, timbang yang ada di Pasar Cibingbin itu minimal 80 persen harus ditera ulang. Dan kemarin kita Alhamdulilah bisa lebih dari target itu,” kata Agus kepada Bingkai Warta saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (07/12/2018).

Capaian penghargaan ini, kata Agus, tidak lepas dari peran semua pihak yang telah bekerja sama dalam memajukan pasar tradisional, khususnya Pasar Rakyat Cibingbin.

Ia memandang bahwa prestasi tersebut menandakan sejumlah pasar di Kabupaten Kuningan telah memenuhi syarat dalam setiap timbangan penjualan.

“Sebab kita dari pemerintah hadir di sana untuk memberikan jaminan bahwa alat yang digunakan itu memenuhi syarat,” tuturnya.

Ia pun menegaskan bahwa upaya tera ulang tersebut sebenarnya tidak hanya dilakukan di pasar tradisional, melainkan juga di setiap SPBU.

Dengan capaian itu pihaknya akan terus berkoordinasi bersama unsur lainnya sehingga pelayanan terhadap konsumen semakin meningkat. (Abel Kiranti)

3 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




























Berita Terkini

Categories