182
Monday, 11 January 2021 19:27 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Karang Taruna Kecamatan Karangkancana Gelar Rapat Kerja, Ini Hasilnya

Karang Taruna Kecamatan Karangkancana Gelar Rapat Kerja, Ini Hasilnya

Bingkaiwarta, KARANGKANCANA - Pengurus Karang Taruna Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan, telah melaksanakan rapat kerja (Raker) di Gedung PKBM Taruna Kencana Sabtu (09/01/2021). Raker ini mengusung tema “Mewujudkan Pengurus Karang Taruna yang Tangguh, Proaktif dan Progresif untuk Kuningan dan Indonesia Maju”.

Raker kali ini dimaksud guna terwujudnya sinegritas program dengan kebijakan pemerintah, karena posisi Karang Taruna sebagai mitra pemerintahan dalam upaya penanganan permasalahan sosial. Dalam agenda raker tersebut hadir pula Camat Karangkancana, Ade Wibawa selaku Pembina Umum, Ketua Tim Penggerak PKK, Pembina Teknis, Pembina Fungsional, dan Perwakilan dari Karang Taruna Kabupaten Kuningan. 

Aldi Nurcahya mengatakan, Karang Taruna harus mampu berdiri kokoh di tengah pandemi Covid-19 untuk melaksanakan program-programnya. Ia berharap semua pemuda bisa proaktif dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial yang ada dilingkungan desa masing-masing. “Ingat, kita tahu bahwa posisi Karang Taruna itu bagian dari PSKS (Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial) bukan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial). Maka dari itu Karang Taruna harus hadir di masyarakat menjadi sebuah solutif, guna pemecahan kesejahteraan sosial tersebut," ujarnya kepada bingkaiwarta.com, Senin (11/1/2021).

Ia menambahkan, Karang Taruna harus terus meningkatkan sinergitas dengan pemerintah atau lembaga lain agar dapat sejalan dengan visi pembangunan pemerintah daerah yaitu Kuningan Maju. Ia juga berharap di tengah revolusi industri 4.0 para pemuda tidak hanya terpaku pada satu bidang pekerjaan saja, tapi harus meningkatkan kreatifias dan inovasi agar mampu bersaing dengan bangsa lain.

“Pembangunan yang sifatnya fisik sudah mulai di kurangi, kini tiba saatnya membangun sumber daya manusia yang berkompeten. Insya Allah saya yakin, pemudanya tangguh, proaktif dan progresif maka desanya akan MAJU,” ungkapnya.

Dilanjutkan Aldi, "Kegiatan ini menjadi awal dari kita untuk melangkah melaksanakan program kerja. Karena, jika organisasi tidak ada rapat kerja (raker) tentunya akan bingung arahnya mau dibawa kemana, program apa yang mau dilaksanakan, visi apa yang akan di capai itu kita tidak tahu," imbuhnya.

Sementara itu, Pembina Umum, Ade Wibawa mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan rapat kerja Karang Taruna tersebut dan berharap akan mendapatkan hasil yang baik guna mendorong pembangunan wilayah khususnya di Karangkancana. “Saya ucapkan terima kasih kepada para pengurus Karang Taruna yang sudah memiliki inisiatif melaksanakan pertemuan kemarin. Banyak pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan oleh kita bersama, seperti masalah pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial lainya," ucap Ade.

Acara rapat kerja kecamatan tersebut diisi dengan penyampaian tentang Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna dan diskusi publik seputar permasalahan apa yang dihadapi oleh para pengurus di lapangan. Narasumber dalam diskusi publik tersebut adalah Taupik Hidayat Ketua Karang Taruna Kecamatan Cidahu yang juga menjadi pengurus di Kabupaten Kuningan. 

Dan, di sesi akhir kegiatan adalah pembuatan program prioritas yang ada di desa masing-masing. Para peserta menyerahkan berbagai usulan (draft) yang terdiri dari Bidang Pembinaan dan pengembangan generasi muda, Penguatan organisasi, Peningkatan usaha kesejahteraan sosial, Usaha ekonomi produktif, Rekreasi olahraga serta kesenian dan Kemitraan. (Abel Kiranti)

Karang taruna PKBM karangkencana kuningan

Komentar

Berita Terkait