Karena Deraan Kemiskinan Castini Penderita Kanker Payudara Hanya Bisa Berobat Secara Tradisional

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-02-01 21:28:32+07

ilustrasi kanker payudara.jpg

Ilustrasi

 

Kuningan – Sejak satu tahun silam Castini, 46, warga Rt. 004/001, Dusun Puhun, Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum didera penyakit kanker payu dara, namun hingga saat ini dirinya belum bisa mengatasi penderitaannya, atau melakukan pengobatan pada penyakit yang dia derita, karena katerbatasan ekonomi.

Bahkan Tas’an, 46, suami Castini yang keseharian bekerja sebagai buruh tani mengaku hanya mampu satu kali membawa istrinya ke rumah sakit, dan hanya bisa pasrah, serta melakukan pengobatan secara tradisional, padahal dokter menyatakan penyakit yang diderita istrinya sudah cukup parah.

“Saat saya bawa istri ke rumah sakit, dokter yang memeriksa penyakit kanker payudara yang diderita istri saya menyatakan sudah cukup parah, namun jujur saya tidak sanggup membiayai pengobatan, karena keterbatasan faktor ekonomi, akhirnya saya hanya bisa mengobatinya secara tradisional, dengan pengolesan minyak kelapa,” tutur Tas’an kepada Bingkai Warta.

Namun, lanjut dia, semakin hari kondisinya bukan semakin baik, malahan benjolan yang ada di payudara semakin membesar, serta sudah mulai menimbulkan luka, dan itu membuatnya semakin bingung menghadapi penderitaan sang istri.

Castini sendiri mengungkapkan, jika dirinya saat ini semakin tersiksa dengan rasa sakit yang ditimbulkan penyakitnya tersebut, terutama jika sedang kambuh, dan seperti yang diungkapkan suaminya, diapun hanya bisa menahan rasa sakit itu, karena ketidak mampuan biaya untuk berobat secara medis.

“Suami saya sudah berusaha membawa saya ke rumah sakit Kuningan Medical Center (KMC), dan itupun hanya sekali-kalinya saja, dan hanya dapat obat saja, lalu kembali pulang meski pihak rumah sakit merujuk untuk melakukan pengobatan ke Bandung,” ujar Castini, lirih.

Diakui dia, meski selama ini dirinya memiliki kartu KIS, namun karena tidak mampu untuk biaya transportasi dan makan keluarga yang ditinggalkannya, maka keluarganya tidak berani membawanya berobat ke Bandung. (Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories