Karnaval Budaya Buat Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah di Sepanjang Jalan Siliwangi

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-09-05 18:38:44+07

Karnaval Budaya Buat Ribuan Masyarakat Tumpah Ruahsffe.jpg

Kesenian Kuda Renggong unjuk kebolehan di hadapan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, pada Karnaval Budaya, di Jalan Siliwangi, Kamis (5/9/2019).

 

Kuningan – Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati sepanjang Jalan Siliwangi mulai dari sekitar Taman Kota Kuningan hingga depan Pendopo Bupati Kuningan untuk menyaksikan Karnaval Budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi Kuningan ke 521, Kamis (5/9/2019).

Mereka berjubel di sepanjang jalan arteri Kuningan itu sejak pagi atau sekitar pukul 08.00 WIB untuk menyaksikan karnaval budaya yang bertema "Nasionalis". Tak kurang dari 100 iring-iringan turut memeriahkan acara ini.

Para peserta sendiri berasal dari berbagai SKPD dan Kedinasan, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan hingga komunitas motor. Mereka menampilkan kreativitasnya sendiri melalui berbagai tontonan yang menarik.

Seperti misalnya kesenian Kuda Renggong dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Barongsai ditampilkan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM), serta Tari Dayak oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan.

Selain itu, masih banyak kesenian dan budaya lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Jika disimpulkan, dari penampilan mereka rata-rata dapat menghimbur masyarakat yang kala itu memadati sepanjang Jalan Siliwangi.

Baik masyarakat atau para peserta yang mengikuti karnaval ini tak menghiraukan sedikit pun cuaca panas. Peserta bahkan tampak bersemangat kala menampilkan kebolehannya di hadapan panggung utama yang ditempati oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, dan Wakilnya M. Ridho Suganda, SH, M.Si, serta jajaran lainnya.

Para jajaran pemerintahan itu pun tak ketinggalan untuk memberikan saweran kepada peserta pawai yang naik ke atas panggung. Bupati Kuningan berkali-kali memberikan saweran itu hampir kepada setiap peserta yang melintas di hadapan panggung.

Masyarakat dibuat puas meski harus berpanas-panasan di Jalan Siliwangi. Masyarakat berharap dari karnaval budaya ini dapat diambil sisi manfaatnya yaitu untuk kemajuan Kabupaten Kuningan kedepannya.

“Saya turut bangga ketika menyaksikan karnaval ini. Pesertanya memang unik-unik dan kreatif. Saya berharap dari penampilan mereka itu semua dapat mengambil manfaat yaitu bagaimana cara untuk memajukan Kuningan lebih baik lagi,” ungkap Ida, salah satu pengunjung di hadapan panggung utama.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, terlebih dulu menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat apabila terselenggaranya karnaval dapat mengganggu aktivitas.

“Selamat menonton, semoga tontonan ini menjadi tuntunan, juga dapat mempererat persatuan dan kesatuan untuk membangun Kuningan Maju (Makmur, Agamis, dan Pinunjul-berbasis desa),” ujar Bupati.

Bupati menambahkan bahwa dengan penampilan berbagai kenakeragaman seni dan budaya yang ada di Kabupaten Kuningan merupakan salah satu instrumen untuk mengharmoniskan seluruh sendi-sendi kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ia pun berharap melalui ajang karnaval budaya ini dapat menjadi wahana yang efektif untuk bersilaturahmi, memperkenalkan seni budaya, sekaligus meningkatkan semangat dalam rangka menyukseskan pembangunan Kabupaten Kuningan di berbagai sektor. (TedyAgeng)

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, SENI & BUDAYA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories