Kemenag Kabupaten Kuningan Gandeng USAID PRIORITAS Gelar Pelatihan Kontektual Untuk Guru MTsN

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-11-02 01:47:26+07

Kemenag Kabupaten Kuningan Gandeng USAID PRIOTITAS Gelar Pelatihan Kontektual Untuk Guru MTsN.jpg

Guru madrasah di wilayah satuan kerja KKM Kuningan Tengah ikuti pelatihan yang digelar kantor Kemetrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan USAID PRIORITAS di MTsN 3 Kuningan, kemarin

 

Kuningan – Salah satu strategi dalam menciptakan sumber daya manusia madrasah yang bermutu universal, kantor Kemetrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuningan gandeng USAID PRIORITAS gelar pelatihan kontekstual dan budaya baca bagi guru Madrasah Tsanawiyah di MTsN 3 Kuningan, kemarin.

Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan Undang Munawar menuturkan pendidikan madrasah diyakini akan menjadi pilihan utama dan pertama bagi orang tua untuk mendidik anaknya, sebab selain menjadi tempat penggemblengan ilmu umum, madrasah juga konsen menyelami ilmu agama

Proses pendidikan di madrasah menurut Undang, merupakan pembelajaran paripurna dalam mengembangkan segala potensi anak didik, “Selain urusan dunia, madrasah juga banyak membahas ilmu akhirat. Karenanya, untuk bisa menghantarkan siswa pada nilai paripurna, masing-masing guru harus memiliki kompetensi dan wawasan yang universal,” tutur Undang kepada BINGKAI WARTA.

Untuk itu, kata Undang, pihaknya bekerjasama dengan USAID PRIORITAS menggelar pelatihan tersebut, “Kita bekerja sama dengan Usaid mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Ini penting, dalam rangka penguatan madrasah,” kata Undang.

Undang yakin, kerja sama yang dilakukannya itu mampu menghantarkan madrasah kepada kualitas yang lebih baik, mampu melahirkan guru-guru professional, berwawasan luas, dan siap menghadapi segala tantangan zaman, “Dan ini sangat penting dan pasti berpengaruh besar terhadap upaya terwujudnya mimpi Indonesia dalam membangun mutu pendidikan yang lebih baik,” terangnya.

Dia berharap, seluruh guru madrasah yang ikut acara itu dapat terangsang untuk terus meningkatkan wawasan, kemampuan, dan profesionalisme masing-masing. Hal itu wajib dilakukan, menurutnya, supaya penyelenggaraan pendidikan di madrasah mampu mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Sementara, Ketua Penyelenggara Iman Nuryaman dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang diikuti 145 guru mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Arab, dan Mata Pelajaran Agama seperti Aqidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam dari 16 madrasah tsanawiyah yang tersebar di wilayah satuan kerja KKM Kuningan Tengah itu dilaksanakan selama tiga hari.

“Dengan kerjasama dan pelatihan ini, selain harus menambah pengetahuan dan informasi, juga harus bisa meningkatkan kualitas pembelajaran madrasah supaya lebih baik. Tentu saja, kualitas yang baik ini harus tersebar merata di semua madrasah,” beber Iman. (Tatang Budiman)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com












Berita Terkini

Categories