Kenali dan Awasi Bersama Korupsi

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-08-12 00:59:58+07

Kenali dan Awasi Bersama Korupsi.jpg

Insan Naufal Fadlullah (Kabid Organisasi PC IMM Kuningan).

 

Kuningan – Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintahan rentan korupsi dalam praktiknya.

Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, di mana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.

Korupsi menurut UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi mengartikan bahwa korupsi adalah setiap orang yang dikategorikan melawan hukum, melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri, menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan maupun kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Adanya kebutuhan akan ekonomi yang lebih baik seringkali mempengaruhi seseorang dalam bertindak. Misalnya gaji yang tidak sesuai dengan beban kerja, mendorong seseorang melakukan korupsi. Meskipun Hukum di Indonesia telah mengatur hukuman bagi para koruptor tetap saja para oknum yang bringas dan lalai menjalankan tugasnya mengabdi untuk rakyat, seringkali mencari celah dan menggunakan kelicikannya dalam menjalankan aksi korupsi.

Hari Ini korupsi terjadi di berbagai tingkatan jabatan, dari mulai tingkat desa sampai dengan tingkatan pusat, angka kerugian negarapun bervariatif, mulai dari recehan hingga angka yang sangat fantastis, tentu saja hal tersebut membuat hati kita teriris dan marah. Karena dari segi pembangunan dan ekonomi kita harus melakukan percepatan agar rakyat yang masih hidup jauh dari kata layak bisa segera mandiri.

Dalam pencegahan korupsi tentu saja kita tidak boleh hanya mengandalkan lembaga yang berwenang saja yakni KPK,Kepolisian dan kejaksaan, masyarakatpun harus turun andil dalam membantu pemberantasan dan pencegahan korupis, kita harus mengenali jenis-jenis dari tindakan korupsi itu apa saja.

Berikut adalah beberapa bentuk dari Korupsi :

  • Penyuapan adalah suatu tindakan memberikan uang/ imbalan kepada pihak lain yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mendapatkan apa yang diinginkan.
  • penggelapan adalah suatu tindakan kecurangan dalam bentuk penggelapan sumber daya orang lain atau organisasi untuk kepentingan pribadi.
  • kecurangan adalah suatu tindakan kejahatan ekonomi yang disengaja dimana seseorang melakukan penipuan, kecurangan, dan kebohongan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.
  • favoritisme atau tindakan pilih kasih adalah suatu mekanisme koruptif dimana seseorang atau kelompok menyalahgunakan kekuasaannya yang berimplikasi pada tindakan privatisasi sumber daya.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Kuningan sebagai organisasi kemahasiswaan yang berkedudukan di tingkat Kabupaten akan terus konsisten menjalankan fungsinya sebagai agent of social control  , akan terus menyoriti kebijakan-kebijakan publik yang dirasa menyimpang apalagi terindikasikan atau diduga melakukan uapaya korupsi. Kami akan terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama berpartisipasi aktif dalam menjalankan pengawasan kebijakan, terutama dalam hal pelaksanaan kebijakan , karena seringkali terjadi pada tahap ini, upaya tersebut kami lakukan dalam rangka mewujudkan kabupaten Kuningan yang bersih dari korupsi agar disetiap kebijakannya dapat berjalan dengan sehat.

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, ARTIKEL

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories