Kepala Desa Susukan Cipicung Resmi Divonis 6 Bulan Penjara

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-02-02 23:22:03+07

Kapala Desa Susukan.jpg

Ilustrasi.

 

 

Kuningan – Kepala Desa Susukan, Kecamatan Cipicung Rusman Wijaya yang dilaporkan warganya atas tuduhan pencemaran nama baik akhirnya divonis hukuman 6 bulan kurungan, dengan masa percobaan 1 tahun.

Vonis dibacakan oleh Hakim Ketua Uli Purnama SH MH, dalam persidangan yang berlangsung di ruang sidang Pengadilan Negeri  Kuningan, Rabu (1/2) tersebut menyatakan, Kades Rusman Wijaya terbukti bersalah atas tuduhan penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap warganya Eed Efendi.

Namun, vonis ini tidak berarti kepala desa tidak harus menjalani hukuman kurungan,akan tetapi jika selama dalam waktu satu tahun melakukan perbuatannya lagi maka akan diberlakukan hukuman kurungan selama enam bulan.

Begitu persidangan selesai, Kades Rusman Wijaya dan kuasa hukumnya Empud Mahpudin SH, dan rekan, mengatakan bahwa mereka mengambil sikap akan berpikir terlebih dahulu terhadap putusan majelis hakim,atau belum bisa menerima keptusan itu, sehingga majelis hakim memberikan waktu satu minggu kepada mereka untuk menentukan sikap.

Sementara itu, pelapor Kades Rusman Wijaya, Eed Efendi, warga Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, bersama keluarganya mengaku menerima putusan yang dijatuhkan majelis hakim, “Kami menerima putusan tersebut, dan mudah-mudahan bisa dijadikan pelajaran yang baik agar dapat menjaga ucapannya dan dapat menghargai warganya. Apalagi, dia seorang kepala desa yang seharusnya dapat mengayomi semua warganya,” ujar Eed kepada Bingkaiwarta usai persidangan.

Di tempat yang sama Sekjen Gamas Nanang Subarnas yang selama ini mendampingi Eed mengatakan, bahwa hal itu dapat dijadikan pelajaran oleh yang lainnya agar tidak berbuat sewenang-wenang, baik dalam perkataan ataupun tingkah laku, “Apalagi selaku seorang kepala desa yang harusnya memberi contoh yang baik kepada warganya,” kata Nanang.

Rusman Wijaya, Kades Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan itu sendiri tersangkut masalah pidana pencemaran nama baik terhadap warganya, setelah dengan terang-terangan di muka umum, dalam rapat aparat desa setempat, Rusman melontarkan kata-kata yang dianggap oleh pelapor telah mencemarkan nama baik diri dan keluarganya.

Jaksa Penuntut Umum dalam persidangan sebelumnya, menilai terdakwa melanggar Pasal 310 Ayat 1 KUHP tentang pencemaran nama baik dengan tuntutan hukuman 10 bulan kurungan. Namun, Majelis Hakim persidangan memutuskan vonis 6 bulan kurungan dengan masa percobaan selama 1 tahun terhadap Kades tersebut. (Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories