Kepala Kerbau dan Kambing Dilarungkan ke Laut

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2018-09-15 19:46:32+07

Kepala Kerbau dan Kambing Ps.jpg

Perahu kecil atau ancak yang berisi sesajen dilarungkan di tengah laut dalam upacara Sedekah Laut atau Nadran, Sabtu (15/09/2018).

 

Cirebon – Sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa masyarakat kampung pesisir Cirebon melarungkan sesajen yang berisi kepala kerbau, kambing, emas serta buah-buahan dan sayuran ke dalam laut pada upacara Sedekah Laut atau Nadran, Sabtu (15/09/2018).

Kepala Kerbau dan Kambing Dilarungkan ke Laut 1.jpgRatusan warga dari berbagai daerah pesisir seperti Cangkol dan Samadikun memadati lokasi yang akan dijadikan sebagai sedekah laut. Satu persatu mereka menaiki perahu yang sudah dihiasi bendera serta dipenuhi aneka sayur dan buah-buahan.

Selain itu, musik dangdut pun ikut meramaikan suasana arak-arakan sehingga pesta laut terlihat seru dan menarik perhatian publik. Nadran sendiri adalah sebuah tradisi sebagai ucapan rasa syukur atas hasil yang diperoleh nelayan dalam menangkap ikan.

“Kami para nelayan berdoa agar diberi keselamatan dalam bekerja. Dan dalam menangkap ikan pun hasilnya akan selalu menimpah,” tutur Asep, salah satu nelayan kampung pesisir.

Selain dijadikan sebagai ritual upacara sedekah laut, biasanya dijadikan pula sebagai sarana hiburan rakyat. Tentu saja dengan menampilkan hiburan seperti pagelaran wayang kulit dan panggung hiburan musik lainnya.

“Nadran ini adalah sebuah warisan tradisi yang telah berjalan puluhan tahun silam. Tradisi ini juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan karena selama kurun waktu satu tahun kami telah diberi kelimpahan rejeki,” kata Asep.

Dari pantauan BINGKAI WARTA langsung di lokasi Nadran, puluhan perahu mengelilingi lautan dari berbagai arah menuju ke tengah lautan untuk melarungkan sesesaji tersebut. Hal ini merupakan sedekah terhadap mahluk laut sebagai wujud syukur dari para nelayan. (Abel Kiranti)

10 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, SENI & BUDAYA, KILAS CIREBON

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories