Kesenian Sintren Di Dukuhbadag

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-09-09 18:09:19+07

Kesenian Sintren di Dukuhbadag.jpg

Kuningan - Sintren merupakan kesenian tari tradisional masyarakat Jawa. Seni sintren ini ternyata tidak hanya berkembang di daerah Cirebon saja tapi juga berkembang di Desa Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan.

Udin Sahrudin yang merupakan tokoh sintren desa Dukuhbadag mengatakan, "Dulu yang pertama kali menjadi pimpinan seni sintren di desa Dukuhbadag yakni ibu Warjiah tapi saya tidak tahu pasti dari mana awal perkembangan seni sintren ini."

Munculnya seni sintren di Kabupaten Kuningan diperkirakan sejak tahun 1930, sudah banyak warga Desa Dukuhbadag yang mengadakan pertunjukan seni sintren.

Berdasarkan cerita orang tua dulu, lanjut Udin, sintren yang berkembang di Desa Dukuhbadag dibawa oleh orang lain dari daerah lain yang sengaja datang untuk mencari nafkah sebagai kukurung yakni orang yang sedang mencari nafkah dengan cara menjual jasa memanen padi.

"Makanya bagi masyarakat yang ingin mengadakan pertunjukan sintren tidak perlu jauh-jauh ke Cirebon, tinggal datang saja ke desa Dukuhbadag kami siap pentas di acara apa pun," lanjut Udin mengakhiri percakapannya dengan Bingkai Warta Jumat (9/9). (Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : SENI & BUDAYA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories