492
Tuesday, 19 May 2020 20:27 (dalam 2 minggu)    Tulis Komentar

Keterangan Kadinkes Kabupaten Kuningan Terkait Bertambahnya Positif Covid-19 di Desa Cikaso

Kasus penambahan iumlah kasus terkonfirmasi Positif COVID 19 hasil swab di cluster cikaso, Kecamatan Kramatmulya di luar ekspetasi dinas kesehatan Kabupaten Kuningan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Kuningan, dr. Susi Lusiyanti saat dikonrmasi Bingkaiwarta.com di ruang kerjanya, selasa (19/5/2020).

Lanjutnya, karena secara kasus di luar Cluster Cikaso sebenarnya masalah Covid-19 di Kabupaten Kuningan sudah selesai. "Memang sebenarnya, di luar kasus Cluster Cikaso, masalah Covid-19 di Kabupaten Kuningan sudah selesai. Ini sebuah peringatan bagi masyarakat bahwa kasus di Cikaso sudah dimungkinkan adalah kasus transmisi lokal," jelasnya.

Diungkap Susi, kasus transmisi lokal ini pecepatan penyebarannya jauh lebih cepat, bisa 20 kali lebih dibanding kasus infra. "Kita bisa lihat bahwa kasus pertama yang ditemukan di Cikaso itu dua orang, tetapi ketika yang pernah kontak melakukan test swab dari delapan orang diantaranya ada enam yang positif. Artinya transmisi lokal itu sangat cepat penularannya," katanya.

Ditambahkan Susi, berbeda dengan kasus infra seperti kasus di Cluster Selajambe, Cilebak, Caracas dan lainnya sudah selesai di dirinya sendiri tidak menularkan ke orang lain. "Tetapi di Cikaso ketika ditemukan dua orang, kita swab yang pernah kontak dengan 2 orang ini langsung 6 dari 8 tertular Covid-19. Sebenarnya ada 9 tetapi satu PDP meninggal di RS Linggarjati walaupun belum kita swab," papar dia.

Ia mengimbau, masyarakat harus tetap waspada dan tetap mengikuti anjuran pemerintah melalui Dinas Kesehatan demi keamanan bersama. "Sebab kalau transmisi lokal ini menyebar itu dalam waktu 2 atau 3 minggu akan banyak sekali yang mempunyai kasus. Jadi penangan kita saat ini khususnya untuk wilayah Cikaso tidak boleh orang keluar masuk, kecuali warga Cikaso sendiri," ucap Susi.

dr. Susi Lusiyanti Dinas Kesehatan Pernyataan kadinkes

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait