Ketika Mahasiswa Angkat Bicara Soal Pemimpin Kuningan Selanjutnya

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-09-14 16:11:06+07

Pemaparan Mahasiswa PS.jpg

Indra Adila Pratama, mahasiswa Prodi Teknik Informatika dan Ketua BEM Uniku periode 2017/2018.

Kuningan – Mahasiswa selaku agent of change atau orang-orang yang dipandang mampu membuat sebuah perubahan tentunya memiliki andil besar dalam perjalanan menciptakan sosok seorang pemimpin bagi masyarakat.

Sebagaimana genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sendiri yang kini tengah mengaum keras di berbagai daerah khususnya di Kabupaten Kuningan, maka pemikiran-pemikiran kritis dari mahasiswa terkait bagaimana figur orang nomor satu yang mampu memberikan kemaslahatan bagi masyarakatnya sangatlah dibutuhkan.

Indra Adila Pratama, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kuningan (Uniku) memberikan pemaparan terkait bagaimana sosok pemimpin yang dinilainya relevan dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Kuningan saat ini.

Indra menilai bahwa pemimpin itu harusnya memiliki konsistensi dan komitmen terhadap program yang akan dijalankannya, serta bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Ia menegaskan jangan hanya terfokus terhadap satu bidang saja, tapi sisi lain juga harus dilihat.

“Contohnya sekarang kan saya lihat pembangunan itu memang sudah bagus, namun sisi lain yakni sumber daya manusianya kan masih kurang. Potensi-potensi masyarakat itu seharusnya bisa lebih digali lagi, karena akan sulit kalau tidak ada dukungan dari pemerintah,” kata Indra kepada BINGKAI WARTA, kemarin.

“Bagaiamana caranya agar masyarakat bisa lebih mandiri lagi dalam menjalani kehidupannya itu,” jelas Indra.

Ketua BEM Univ atau yang akrab disapa Presiden Mahasiswa di Uniku itu mengatakan bahwa terkadang sebuah daerah pun harus memiliki karakter yang kuat. Jika misalkan daerah sudah memiliki karakter yang kuat, otomatis masyarakatnya pun memiliki karakter yang kuat juga.

“Contoh karakter yang kuat untuk Kuningan itu dalam hal pengelolaan sumber daya alam. Kita atau Kuningan itu kan kaya dengan sumber daya alam. Contohnya pariwisatanya, nah maka karakter tersebut harus lebih diperkuat lagi. Terus juga tidak hanya potensi-potensi alamnya saja, tapi juga dari potensi orang-orang yang ikut andil dan aktif dalam hal tersebut juga harus punya karakter dan harus satu tujuan juga,” ujar Indra.

Sementara terkait banyaknya calon bupati sendiri yang begitu banyak, Dia sendiri sudah memiliki dan melihat bagaimana sosok pemimpin yang menurutnya itu sesuai dan telah menggambarkan bahwa Kuningan tengah membutuhkan sosok seperti itu.

“Ada lah pokonya, ya tapi intinya harus jadi pemimpin yang amanah, mau membela hak-hak rakyatnya, adil dan juga tidak hanya berpihak pada satu golongan, tapi berpihak pada semuanya,” katanya

Sementara itu, disinggung terkait banyaknya deklarasi yang sering digelar di Kabupaten Kuningan, Indra sendiri memberikan dukungannya dan menurutnya hal itu bagus. Tetapi Indra menyayangkan dari realisasinya yang dinilai kurang, Indra berspekulasi bahwa itu mungkin karena terbentur dengan kondisi APBD salah satunya.

“Kalau dari sisi pemerintahannya memiliki keinginan yang kuat untuk mengaplikasikan apa yang sudah dinobatkan kepada Kabupaten kita, otomatis itu dampaknya akan bagus sekali bagi masyarakat. Tapi kalau hanya dideklarasikan saja, itu sama aja hanya sebatas seremonial dan sudah itu mau jadi apa nantinya,” ungkap Indra.

Dan memang jika penciptaan sosok pemerintah yang dinilai akan memberikan perubahan ke arah lebih baik lagi tentunya ada digenggaman rakyatnya sendiri. Maka Indra hanya menjembatani dan berharap apa yang diinginkan masyarakat dan dirinya itu bisa terwujud. (TedyAgeng)

2 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM, POTRET, ARTIKEL

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com













Berita Terkini

Categories