Ketua HMIH Fakultas Hukum Universitas Kuningan Sangat Prihatin Atas Kejadian yang Menimpa Mahasiswa Papua

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-08-24 13:34:53+07

Prihatin Atas sfe.jpg

HMIH Fakultas Hukum Universitas Kuningan

 

Kuningan – Insiden di Surabaya dan Malang berimbas aksi besar-besaran oleh rakyat papua beberapa hari yang lalu. Melihat dari kejadian tersebut, penulis selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Hukum (HMIH) Universitas Kuningan sangat prihatin atas apa kejadian yang menimpa Mahasiswa Papua.

Kesadaran Hukum yang minim, dapat menimbulkan tindakan provokatif yang tidak berlandaskan kepada fakta dan data yang konkrit. Sudah terdapat pada Undang-Undang Republik Indonesia No.40 Tahun 2008 yang berisi tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, tetapi masih saja ada segelintir masyarakat yang belum sadar akan keberadaan Hukum tersebut .

Jaminan pelindungan Hak Asasi Manusia, persamaan didepan Hukum, kesetaraan dan keadilan bagi rakyat Papua harus lebih ditingkatkan lagi. Masyarakat secara bersamaan harus menjadi cooling system dalam kejadian beberapa waktu yang lalu.

Selanjutnya, aparat harus mengusut tuntas atas beredarnya berita hoax yang sudah kadung beredar di internet, serta masyarakat tidak boleh terprovokasi dan harus bisa memfilter setiap kabar yang beredar.

Kedepannya saya berharap kejadian tersebut tidak akan terulang lagi dan meningkatkan lagi kesadaran, bahwasanya Kesatuan Republik Indonesia lebih dari segalanya. Mari bersama-sama bahu-membahu untuk mewujudkan esensi dari Bhineka Tunggal Ika.

Penulis : Fahrul Triana Nugraha, Ketua HMIH Fakultas Hukum Universitas Kuningan.

25 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM, ARTIKEL

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




















Berita Terkini

Categories