236
Wednesday, 10 June 2020 16:15 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Kodim 0615 Kuningan Lakukan Latihan Posko Kebencanaan

Kodim 0615 Kuningan Lakukan Latihan Posko Kebencanaan

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Kodim 0615 Kuningan melakukan giat Latihan Posko Kebencanaan di Aula Mashud Wisnusaputra Makodim Jalan RE Martadinata 97 Kuningan, Selasa (9/6/2020).

Giat simulasi penanggulangan bencana tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Carter Joyi Lumi dengan diikuti oleh para staf Kodim, Danramil, unsur Polri, BPBD, Damkar dan Satpol PP.

Kegiatan latihan penanggulangan bencana tersebut juga mendapat pengawasan langsung dari Komandan Korem 063 SGJ Kolonel Arm Maryudi, S.Sos.

"Mereka berlatih bersama dalam hal penanganan bencana mulai dari persiapan, koordinasi, pengerahan personil, pemberian pertolongan, evakuasi korban hingga penanganan bencana saat dan pasca kejadian," ungkap Dandim Karter Joy.

Dandim Kuningan menjelaskan kegiatan latihan posko ini merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka melatih profesionalisme anggota dalam hal penanganan bencana.

"Ini sesuai dengan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Perbantuan TNI kepada pemerintah daerah," ujarnya.

Lanjutnya lagi, ia menambahkan Kabupaten Kuningan mempunyai kontur wilayah berbukit dan merupakan daerah rawan bencana seperti tanah longsor dan banjir. Terutama daerah selatan seperti Kecamatan Subang, Cilebak dan Selajambe. Daerah tersebut sudah menjadi langganan tanah longsor jika musim penghujan tiba.

"Oleh karena itu, kita simulasikan secara taktis dalam kegiatan Latihan Posko ini. Kegiatan ini merupakan program TNI AD untuk menguji sistem birokrasi terutama Kodim yang setiap saat memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah setiap kali terjadi bencana. Ini kita ujikan, bagaimana kesiapan staf dan pasukan kita, sehingga kita tahu dimana kelemahannya dan nanti di akhir akan ada evaluasi," jelasnya.

Jika diakhir evaluasi terdapat kelemahan, Karter Joy meyakini dalam hal teknis anggotanya sudah terlatih dan sangat siap menangani kebencanaan karena sudah menjadi hal yang biasa dilakukan setiap terjadi bencana. Karena, pihaknya sudah biasa berjibaku dengan alam, geografi dan demografi.

"Yang susah itu justru ada dikoordinasi. Karena dalam hal penanganan bencana ini pastinya melibatkan institusi baik TNI, Polri dan Pemda. Terkadang koordinasi dan komunikasi ini terjadi kendala bahkan terputus. Oleh karena itu, persoalan ini kita latihan secara intens untuk mendapatkan struktur yang pas bagaimana penanggulangan bencana yang ideal," tutupnya. (Abel Kiranti)

Kodim 0615 Kabupaten Kuningan Latihan Posko Kebencanaan Evaluasi TNI AD

Komentar

Berita Terkait