Kondisi Ini Membuat Kepala Desa Cipasung Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-11-16 12:21:29+07

Kondisi Ini Membuat sfsf.jpg

Sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan di Balai Desa Cipasung, Kecamatan Darma, Jum’at (15/11/2019).

Kuningan – Untuk memberikan pemahaman tentang jaminan kesehatan kepada masyarakat pekerja dan lembaga, Pemerintah Desa Cipasung, Kecamatan Darma, bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagaakerjaan Kantor Cabang Cirebon, sosialisasikan program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan, di balai desa setempat, Jum’at (15/11/2019).

Kepala Desa Cipasung Nanang Nuryadi, menjelaskan, melihat kondisi di desa yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani, tukang ojek, pedagang dan non pekerja perusahaan lainnya, dirinya ingin memberi pemahaman kepada mereka tentang betapa pentingnya jaminan sosial, karena selain bisa menjamin, juga dapat menanggulangi resiko sosial apabila terjadi musibah.

Utamanya, lanjut dia, berangkat dari keprihatinan pihak desa yang belum bisa menjamin pemberian santunan ketika terjadi anggota lembaga kecelakaan dan meninggal dunia, ia menganggap kerja sama dengan BPJS adalah solusinya.

“Intinya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Cipasung, yang bisa, yang ada, yang mampu saya lakukan, dan sosialisasi ini salah satunya. Kemarin ada kecelakaan Ketua LPM sama RT meninggal. Jadi, saya sangat menyayangkan kalau desa tidak bisa menganggarkan Anggaran Desa untuk memberikan santunan untuk yang meninggal lembaga desa,” kata Nanang kepada bingkaiwarta.com.

Nanang meyakini, upaya untuk mensejahterakan masyarakat melalui sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dapat melindungi, serta memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Jadi, ketika mereka pada saat melaksanakan tugas, berangkat dari rumah ke tempat kerja, selama jam kerja dan pulang lagi, dan ketika terjadi kecelakaan nanti, kan bisa diklaim, dicover, seperti itu,” katanya.

Untuk saat ini, kata Nanang, yang sudah daftar tercatat sekitar 100 peserta. Terdiri dari guru ngaji, PKK, LPM, BPD, RT, RW, BUMDES, Pengusaha Karamba, Pengusaha Panglong Kayu, serta Guru-guru TK dan PAUD.

“Sekarang ini untuk program BPJS Ketenagakerjaan tidak dibatasi oleh perusahaan, tidak dibatasi minimal karyawannya ada berapa. Tapi, untuk peroranganpun bisa. Jadi, untuk pihak perusahaan, lembaga, organisasi dan perorangan bisa daftar,” sebutnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa sosialisasi ini sempat terlupakan karena seharusnya digelar tahun kemarin, “Tadinya rencana sosialisasi ini akan dilakukan tahun kemarin. Namun karena tahun kemarin kita fokus ke sosialisasi Desa Wisata, jadi ini terlupakan,” katanya.

Sementara, Camat Darma Didin Bachrudin, sangat mengapresiasi program yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Cipasung. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Cipasung yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka menyejahterakan masyarakat.

“Beberapa waktu lalu di sini memang pernah kejadian bahwa dari BPD dan Linmas terjadi kecelakaan dan meninggal dunia. Sehingga sangat merepotkan tingkat desa. Untuk itu barangkali upaya dan langkah-langkah yang dilakukan oleh Kepala Desa Cipasung ini saya sangat mensupport sekali. Mudah-mudahan Desa Cipasung menjadi contoh terbaik untuk desa-desa yang lainnya,” kata Didin.

Ia pun mendorong desa lain supaya bisa meniru langkah Kepala Desa Cipasung, “Karena, bagaimanapun untuk ketenangan pekerjaan itu adanya ketenangan jaminan suatu kegiatan yang sifatnya mendukung kepada pemerintahan dalam rangka membangun desa,” tuturnya.

Sedangkan, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon Multanti, menambahkan, sosialisasi yang dilakukan semacam ini sangatlah penting untuk memberi pengetahuan tentang jaminan sosial ketenagakerjaan termasuk manfaatnya bagi pekerja, termasuk aparatur non PNS, karyawan, maupun pelaku usaha.

“Alahmdulilah, para peserta sangat antusias sekali. Kami berharap apa yang sudah kami lakukan ini bisa memberi dampak positif, sehingga warga pekerja yang ada di Desa Cipasung ini sudah terlindungi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaaan (JAMSOSTEK),” pungkasnya. (Abel Kiranti)

24 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com












Berita Terkini

Categories