KPU Kuningan Gelar RPP Goes To School/Campus Perdana Di STKIP Muhammadiyah

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-11-06 13:04:02+07

photo_2019-11-06_12-58-56.jpg

Pihak KPU bersama dosen mahasiswa STKIP Muhammadiyah seusai gelaran acara RPP Goes to School/Campus.

 

Kuningan – Meski penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 telah berlalu, tetapi pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan tetap melakukan giat demokrasi dan kepemiluan, seperti gelaran agenda Rumah Pintar Pemilu (RPP) Goes to School/Campus di STKIP Muhammadiyah Kuningan, Rabu (6/11/2019).

Komisioner Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam menyebutkan, STKIP Muhammadiah merupakan lokasi pertama yang disinggahi dalam pelaksanaan agenda RPP Goes to School/Campus, dan dia mengisi kegiatan tersebut bersama Kasubbag Hukum Dedi Fristiadi.

Agenda acara itu, kata Dudung, sesuai dengan surat KPU Kabupaten Kuningan Nomor: 448/PP.06-ST/3208/KPU-Kab/X/2019, dimana KPU Kuningan telah dan akan menggelar pendidikan pemilih di pelbagai lokasi dalam beberapa waktu ke depan.

“RPP dapat difungsikan menjadi semacam museum Pemilu. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Kuningan; dan menjadi pusat informasi dan pendidikan pmilih di Kabupaten Kuningan.” Kata Dudun.

Dijelaskan Dudung, terdapat 5 langkah dalam hal tata cara pengajuan permohonan informasi publik KPU Kabupaten Kuningan diantaranya, langkah pertama pemohon informasi mengajukan informasi public kepada KPU Kabupaten Kuningan melalui Pusat Kominikasi Publik sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) baik langsung maupun tidak langsung.

Kedua, pemohon informasi harus menyebutkan nama, alamat, subjek/ jenis informasi yang diminta, bentuk informasi yang diminta dan cara penyampaian informasi yang diinginkan. Langkah ketiga, petugas informasi KPU Kabupaten Kuningan mencatat semua yang disebutkan oleh pemohon informasi publik.

“Langkah keempat, pemohon informasi meminta tanda bukti kepada petugas informasi bahwa telah melakukan permintaan informasi, serta nomor pendaftaran permintaan. Kemudian langkah terakhir, PPID memberikan jawaban untuk memnuhi permohonan informasi atau tidak memenuhi dengan disertai alasan, dalam waktu paling lama 10 hari kerja dan dapat diperpanjang selama 7 hari kerja,” jelas Dudung. (Redaksi)

 

17 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories