394
Friday, 28 May 2021 20:37 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Kuningan Peduli Palestina

Kuningan Peduli Palestina

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Sebagai bentuk empati dan kepedulian kita terhadap kondisi Negeri Palestina yang sedang di jajah oleh Zionis Yahudi Israel, Forum Masyarakat Peduli Kemanusiaan Kabupaten Kuningan (FMPK - Kuningan) menggelar Aksi Kemanusiaan dan Do'a Bersama Untuk Palestina, di Halaman Masjid Syiarul Islam Kuningan, Jumat (28/5/2021) sekira pukul 12.45 WIB.

Aksi ini diikuti oleh ratusan massa yang berasal dari berbagai komponen organisasi masyarakat, tokoh agama, lembaga swadaya masyarakat dan juga masyarakat umum. Tak hanya itu, aksi mengecam serangan Israel ke Palestina ini juga dihadiri oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, Perwakilan DPRD Kuningan, beberapa Kepala SKPD, Ketua DKM Syiarul Islam, Ketua MUI Kuningan, dan FKUB Kuningan.

 

Koordinator Aksi H. Andi Budiman, yang didampingi Sekretaris Aksi Dadan Somantri menjelaskan, kegiatan ini digelar dalam rangka menjalankan amanah Pembukaan Konstitusi Negara Republik Indonesia yaitu Undang - Undang Dasar 1945 yang menyatakan "Bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan"

Ia mengajak warga Kabupaten Kuningan untuk bersatu mengecam serangan Israel ke Palestina dan ikut membantu menyumbangkan harta dan do'anya untuk meringankan penderitaan warga Palestina. "Persoalan Palestina bukan hanya persoalan ummat Islam, tapi persoalan Palestina adalah juga persoalan kemanusiaan yang harus disikapi oleh seluruh ummat manusia di bumi ini," kata H. Andi Budiman.

 

Ditegaskan H. Andi, warga Kuningan yang merupakan bagian dari warga Indonesia harus memegang teguh Undang-Undang Dasar 1945, dimana dalam pembukaannya tercantum kalimat Kemerdekaan adalah hal segala bangsa, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan.

 

Ditempat yang sama, Ketua DKM Syiarul Islam Kuningan, KH. Yayan Sofyan mengungkapkan, bahwa permasalahan Palestina adalah permasalahan kemanusiaan. "Kali ini kita semua berempati pada penderitaan yang terjadi di Palestina. Air mata Palestina adalah air mata kita semua, darah Palestina adalah darah kita juga," ungkap Yayan.

 

Sementara itu, Ketua FKUB Kuningan, KH. Achidin Noor menuturkan, bahwa untuk peduli pada penderitaan Palestina tidak hanya cukup jadi seorang muslim, tapi merasa diri sebagai manusia. "Buktinya, disini bersama kita hadir beberapa perwakilan tokoh agama ikut mengecam serangan Israel ke Palestina dan peduli pada penderitaan warga Palestina," tutur Achidin.

 

Selain do'a bersama, acara ini diisi dengan penggalangan dana dan orasi kemanusiaan. Perlu diketahui, dari hasil donasi yang dilakukan oleh pihak panitia, telah terkumpul dana sebesar Rp.101.038.500 "Kita melakukan donasi seminggu sebelum aksi ini digelar. Donasi yang sudah terkumpul akan semua diberikan untuk membantu Palestina. Tidak seperak pun diambil oleh panitia untuk biaya operasional. Terima kasih kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya. Semoga ini menjadi ladang amal untuk kita semua," ujar Bendahara aksi, Ir. Toto Suripto. (Abel Kiranti)

Palestina Peduli Israel Kuningan

Komentar

Berita Terkait