129
Tuesday, 23 February 2021 19:08 (5 hari yang lalu)    Tulis Komentar

Lancarkan Program Kerja, Uniku Gelar Rakor

Lancarkan Program Kerja, Uniku Gelar Rakor

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Rektor Universitas Kuningan (Uniku) yang beberapa waktu lalu sudah melantik para pejabat strukturalnya, kali ini Uniku yang merupakan kampus pertama dan menjadi kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi (Rakor) tahun 2021. Pelaksanaan rakor Universitas Kuningan (Uniku) yang diikuti oleh pejabat struktural di tingkat Fakultas atau Sekolah Pascasarjana, program studi (Prodi) serta pejabat struktural di Rektorat, berlangsung di Meeting Room Grage Sangkan Hotel, Kuningan, Senin (22/02/2021).
 
“Alhamduliilahirobilalamin, kita dapat menyelenggarakan rapat koordinasi antara pimpinan Universitas dengan pejabat struktural di tingkat Fakultas, Prodi serta pejabat struktural di Rektorat. Bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk mendesiminasikan program kerja Rektor yang merujuk pada Statuta, Rencana Induk Pengembangan (RIP), visi-misi Universitas yang diturunkan pada Renstra 2021-2025 dan dijabarkan pada milestone setiap tahunnya. Sehingga diharapkan program kerja yang sudah dirancang dapat dilaksanakan  di setiap Fakultas, Lembaga, Biro, dan Kantor Pusat secara maksimal,” kata Ketua Rakor Universitas Kuningan (Uniku) tahun 2021 Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I, yang membidangi bagian akademik.
 
Seperti diketahui bersama, bahwa regulasi di perguruan tinggi berkembang dengan sangat dinamis, sehingga kita harus selalu mengikuti regulasi agar Uniku memiliki reputasi yang baik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Regulasi yang harus kita hadapi saat ini terkait dengan kualitas pembelajaran, relevansi dan daya saing lulusan, kompetensi dan daya saing sumberdaya manusia, dan manajemen inovasi.
 
“Saat ini kita harus melaksanakan program baru yang diluncurkan oleh Kemendikbud pada tahun 2020 yaitu program MBKM, menerapkan delapan (8) Indikator Kinerja Utama, dan mempersiapkan berbagai inovasi di kegiatan tri dharma, baik yang melibatkan dosen dan mahasiswa serta bidang kelembagaan lainnya,” ujarnya.
 
Diterangkannya, berdasarkan rencana induk pengembangan pada tahun 2020/2021 Uniku masuk ke tahap “Pengembangan Kompetensi Institusi” yang menjadi dasar untuk masuk pada tahap berikutnya yaitu “Penguatan Reputasi Institusi”. Hal ini sudah selaras dengan program-program baru yang dikeluarkan oleh Pemerintah.
 
“Tantangan yang kita hadapi saat ini semakin berat karena saya percaya semua PT yang ada di Indonesia akan saling berlomba melaksanakan program-program Pemerintah untuk mencapai kinerja PT secara maksimal. Oleh karena itu untuk menjalankan program kerja ini kita harus bekerja secara kolektif kolegial, karena program-program ini akan berjalan dengan baik mana kala ada saling ketergantungan antar semua bidang dengan melibatkan semua civitas akademik yang tentu saja dimotori oleh Ibu Bapak yang berada di sini,” terangnya.
 
Masih menurutnya, dalam melaksanakan program kerja ini, semua unsur harus bisa saling bekerjasama secara kompak untuk mencapai tujuan bersama yaitu memajuan Universitas Kuningan (Uniku) yang kita cintai,  yang sekaligus menjadi tempat kita untuk bekerja.
 
“Bukan hanya bekerja namun tempat berkarya, berprestasi yang nyaman, aman, damai dan harmonis serta mencari penghidupan yang barokah,” ujarnya.
 
Dikatakannya, rapat kordinasi ini akan diawali dengan pembinaan dari Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam,SH., MH., dan selanjutnya akan dilanjutkan oleh Bapak Rektor untuk memaparkan Program Kerja Universitas.
 
“Pada sesi kedua akan dilanjutkan dengan rapat komisi yang akan dipimpin oleh Wakil Rektor yaitu komisi A membahas tentang Akademik, komisi  B keuangan, perlengkapan, administrasi umum dan system informasi, komisi C akan membahas ketenagaan, kelembagaan, kerjasama, marketing. Dan, terakhir komisi D membahas kemahasiswaan, alumni dan kewirausahaan,” katanya.
 
Diakhir laporannya, Anna sapaan akrabnya yang juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), mengungkapkan, bahwa masing-masing komisi akan melibatkan unsure dari Fakultas, Lembaga, Biro, Kantor Unit terkait, dan Program Studi.
 
“Hal ini agar informasi dapat tersampaikan dan terjadi diskusi untuk menyempurnakan program kerja terutama sasaran strategis,   sehingga program kerja yang akan dilaksanakan dapat berjalan secara maksimal,” ungkapnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), Drs. Uri Syam, S.H., M.H., dalam pembinaannya, mengatakan, rakor yang dihadiri oleh para pejabat struktural ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membahas tupoksi setiap pejabat struktural dalam upaya mewujudkan visi dan misi Uniku.
 
“Rapat kerja bisa kita beri batasan sebagai pertemuan Pimpinan Universitas dengan para pejabat struktural untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dari setiap pejabat yang berada pada unit kerja atau unit organisasi tertentu dan memiliki peran penting dalam mewujudkan visi dan misi serta program kerja Universitas,” ujarnya.
 
Lebih jauh, dirinya mengatakan ada empat (4) konsolidasi organisasi yang telah dan sedang dijalankan oleh Uniku.
 
“Ada 4 konsolidasi organisasi yang telah dan sedang dijalankan, yaitu mencakup konsolidasi ideal, konsolidasi struktural, konsolidasi program, dan konsolidasi regulasi,” tuturnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja dan penyerahan kendaraan operasional kepada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang diserahkan secara langsung oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku), rapat pleno dan kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan. (Abel Kiranti)
Rektor UNIKU Rakor Kuninan

Komentar

Berita Terkait