Ledakan Benda Yang Diduga Bom Berukuran 25 Cm Dengan Suara Mencapai Radius 300 Meter Kejutkan Warga Manis Kidul

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-02-06 06:21:59+07

Ledakan Bom Berukuran 25 Cm Dengan Suara Mencapai Radius 300 M01.jpg

Tim Inafis Polres Kuningan saat melakukan olah TKP ledakan yang diduga berasal dari bom rakitan di Rt. 01/01, Dusun Kliwon, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana

 

Kuningan – Sebuah ledakan keras diduga berasal dari bom rakitan berukuran 25 cm terjadi di pemukiman padat penduduk Rt. 01/01, Dusun Kliwon, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana pada sekitar jam 20.00 WIB, Minggu (5/2).

Menurut keterangan Sutri, 54, suara ledakan di halaman rumahnya tersebut sangat keras sekali, dan menimbulkan guncangan tak ubahnya seperti gempa bumi, hingga membuat seluruh benda seisi rumahnya bergoyang.

bb01.jpg“Sepulang dari masjid setelah melakukan shalat Isa berjamaah, karena merasa kurang sehat saya langsung istirahat, namun baru saja beberapa menit saya tertidur, tiba-tiba saya mendengar suara dentuman sangat dahsyat, serta seisi rumah seperti lemari, dan perabotan lainnya bergetar keras, mirip kejadian gempa,” tuturnya kepada Bingkai Warta.

Sutri yang tinggal seorang diri itu teramat kaget saat mendengar suara ledakan tersebut, dan langsung bangun, serta bergegas pergi ke dapur, karena khawatir kompor gas miliknya meledak, tapi ternyata saat dia lihat benda itu masih utuh.

Kekagetan Sutri semakin menjadi, saat di depan rumahnya terdengar suara kegaduhan warga sekitar, sekaligus dirinya melihat kepulan asap putih membumbung tinggi memenuhi halaman rumahnya, “Ketika saya tanya ada apa pada tetangga-tetangga saya yang sudah berkumpul depan rumah, mereka mengatakan telah terjadi ledakan seperti petasan, namun suaranya kencang sekali, dan mereka sedang mencari benda penyebab suara itu,” ungkapnya.

Tidak berapa lama, kata Sutri, merekapun menemukan benda seperti paralon yang didalamnya dipenuhi kabel, juga benda-benda semacam paku, dan serbuk, “Setelah menemukan benda yang diperkirakan penyebab ledakan, Yosep, kepala Dusun Kliwon langsung membawa, serta melaporkannya ke pihak Polsek Jalaksana,” katanya.

Tidak jauh dengan cerita Sutri, Ono Kartono, 35, yang posisi rumahnya membelakangi kediaman Sutri menyebutkan, saat bb02.jpganaknya Balqis, 16, tengah mencuci tiba-tiba tersentak kaget ketika mendengar suara dentuman keras, dan mengira suara itu berasal dari mesin cuci yang tengah dipakaianya.

Setelah anaknya memberitahukan kejadian itu, Ono langsung mencari sumber suara, dan betapa kagetnya, ketika dia melihat di belakang rumahnya tampak kepulan asap tebal, dengan bau mesiu yang sangat menyengat, “Saya bersama para tetangga yang berdatangan pasca mendengar suara ledakan keras itu langsung memeriksa sekitar halaman rumah Sutri, atau belakang rumah saya, dan kami menemukan benda yang kami kira seperti bom rakitan,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Ono, kencangnya suara dari ledakan itu hingga terdengar ke sekitar lingkungan SDN Manis Kidul, atau berjarak sekitar 300 meter dari kediamannya, hingga membuat warga Manis Kidul yang tinggal di wilayah agak jauh dari kediamannyapun berdatangan untuk melihat kejadian tersebut.

Peristiwa terjadinya ledakan ini dibenarkan Babinsa Desa Manis Kidul, Koramil Jalaksana, Sertu Dedi yang datang ke tempat kejadian, serta melakukan pemeriksaan bersama pihak Polsek dan tim Inafis Polres Kuningan.

Ledakan Bom Berukuran 25 Cm Dengan Suara Mencapai Radius 300.jpg“Memang benar telah terjadi ledakan di halaman rumah Sutri sekitar pukul 20.00 WIB, dengan suara yang ditimbulkan hingga mencapai radius 300 meter, sekaligus telah menyebabkan dinding, juga kusen jendela rumah Sutri mengalami sedikit bolong bolong, serta terkelupas,” terang Dedi.

Dan setelah dilakukan cek tempat kejadian perkara (TKP), menurut dia, ditemukan satu buah pipa besi sepanjang 25 cm, dengan lilitan kabel berwarna hitam menempel dibagian pipa tersebut, serta pada ujungnya terdapat bekas pecah karena ledakan.

Sementara, Kapolsek Jalaksana AKP Reynaldi yang berada di tempat kejadian bersama tim Inafis Polres Kuningan memilih bungkam, enggan memberikan keterangan, serta menganjurkan Bingkai Warta untuk melakukan konfirmasi langsung pada Kapolres Kuningan AKBP M. Syahduddy. (Yud’s)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories