Ledakan Yang Terjadi Di Desa Manis Kidul Ternyata Bukan Bom

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-02-06 22:33:34+07

Ledakan Yang Terjadi Di Desa Manis PS.jpg

Kapolres Kuningan, AKBP M. Syahduddy, dalam jumpa pers yang dilakukan di halaman Polsek Jalaksana, Senin (6/2).

 

Kuningan – Ledakan yang terjadi di Rt. 1/1 blok Kliwon, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, ternyata bukan bom dan tidak ada keterkaitannya dengan aksi terorisme, melainkan upaya pembasmian sarang tawon, yang dilakukan oleh Urip, 51, warga setempat. 

Menurut Kapolres Kuningan, AKBP M. Syahduddy, dalam jumpa pers yang dilakukan di halaman Polsek Jalaksana, Senin (6/2), ledakan tersebut terjadi akibat upaya pembasmian sarang tawon yang dilakukan oleh Urip, dengan menggunakan serbuk racun tikus yang dimasukan kedalam pipa besi kemudian dibakar, namun melebihi dosis, hingga akhirnya meledak.

(Baca juga :Ledakan Benda Yang Diduga Bom Berukuran 25 Cm Dengan Suara Mencapai Radius 300 Meter Kejutkan Warga Manis Kidul.)

Sebelumnya, lanjut Syahduddy, yang  bersangkutan mengaku telah melakukan upaya serupa dengan membakar racun tikus dalam pipa besi itu, dengan takaran dua serbuk selama tiga kali pembakaran, namun tidak berhasil dan tawon masih bersarang.

Lantaran gagal, kata Syahduddy, yang bersangkutan kemudian menambah dosis racun tikus itu menjadi empat serbuk, “Karena melebihi takaran, benda yang digunakan membasmi tikus, yang cara kerjanya seperti petasan kembang api itu, lantas sulit dikendalikan, hingga akhirnya benda itu terbakar” tegasnya.

Karena panik, kata Syahduddy, lalu yang bersangkutan melemparkan benda berbahaya itu ke arah tembok belakang rumah Daufi, tempat dirinya meracik bahan pembasmi tawon itu, kemudian terjadilah ledakan keras, “Karena suara ledakan cukup keras, Ia kemudian panik dan lari meninggalkan lokasi,” katanya.

Setelah melakukan penyelidikan hingga siang hari oleh pihak Polres Kuningan dibantu tim Satuan Brimbob Polda Jabar serta didampingi Polsek Jalaksana, Urip yang melakukan pembasmian sarang tawon dengan menggunakan serbuk racun tikus yang dibakar, namun gagal dan akhirnya meledak itu, berhasil diamankan pihak kepolisian atas pemeriksaan dengan cara mengumpulkan seluruh warga yang rumahnya berada disekitar lokasi kejadian.

“Kami mengumpulkan warga sekitar lokasi kejadian kemudian melakukan introgasi terkait siapa oknum yang kerap melakukan upaya pembasmian sarang tawon dengan menggunakan bahan serbuk racun tikus itu,” ungkap Syahduddy.

Dari pemeriksaan itu, lantas warga yang berkumpul memberikan keterangan bahwa urip kerap melakukan hal itu dan dengan laporan tadi, yang bersangkutan lantas dicoba diperiksa lebih lanjut lagi, dan akhirnya mengaku bahwa Ia yang melakukannya.

“Awalnya yang bersangkutan merasa shock dan takut apabila mengaku telah melakukan pembasmian sarang tawon dengan menggunakan serbuk racun tikus itu. Namun karena laporan warga tadi, langsung dihadapan dirinya, akhirnya Ia pun mengaku bahwa dirinya melakukan hal itu,” ujarnya

Sementara itu, Daufi yang disekitaran rumahnya terdapat sarang tawon, serta digunakan Urip dalam meracik bahan pembasmi tadi, tidak menyuruh yang bersangkutan untuk melakukan pembasmian.

“Daufi hanya bilang kepada yang bersangkutan bahwa di belakang rumahnya ada sarang tawon, lalu yang bersangkutan atas dasar inisiatif sendiri lantas melakukan pembasmian itu,” tegas Syahduddy.

Dan akibat ulahnya itu, yang bersangkutan di amankan, guna dimintai keterangan lebih lanjut, serta pihak Polres Kuningan sendiri, saat ini masih belum bisa memberikan kepastian hukum terhadapnya, mengingat peristiwa itu tidak ada kaitannya dengan unsur terorisme.

“Hingga kini, yang bersangkutan masih dimanakan oleh kami. Sedangkan untuk masalah pidana sendiri, kami belum bisa memberikan kepastian hukum terhadap yang bersangkutan, karena dia hanya berupaya membasmi sarang tawon yang berada dibelakang rumah Daufi,” pungkasnya. (Tatang Budiman/TedyAgeng)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories