Lomba Hafidz Qur’an Sebagai Media Dalam Membentuk Generasi Muda Yang Cinta Al Qur’an

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-12-29 16:38:52+07

Lomba Hafidz Qur’an Sebagai Media Dalam PS.jpg

Lomba Hafidz Qur’an digelar di Masjid At-Taufik, Komplek Kuningan Islamic Centre 29 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017.

 

Kuningan – Sebanyak 40 peserta  perwakilan dari tiap kecamatan se-Kabupaten Kuningan ikuti lomba Hafidz Qur’an yang berlangsung di Masjid At-Taufik Komplek Kuningan Islamic Centre (KIC), Kamis (29/12/16) hingga Minggu (01/01/17).

Acara tersebut digelar guna menyeleksi peserta Qori/Qoriah, Hafidz/Hafidzah, Murattil/Murattilah, khuthathun/khuthathah, Syarhil Qur an dan Fahmil Qur an dari usia 10 Samapai 17 tahun.

Selain 15 pedamping peserta, turut hadir pula Ketua DKM At-Taufik, H. Encu, Perwakilan Kemenag Kuningan, Hamzah Sukmana, sekertaris KIC, Asep Kamaludin, para Kyai dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Hamzah mengatakan acara tersebut digelar selama empat hari dan bertujuan untuk menambahkan rasa kecintaan terhadap Al-Qur’an, sehingga sasaran untuk menumbuh kembangkan sikap generasi yang mempelajari isi kandungan Al-Qur’an bagi anak-anak dapat tercapai.

“Al Qur an sebagai pedoman hidup umat Islam hendaknya dapat dimaknai kandungannya dan dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga berharap, program ini akan memberikan dampak yang sangat baik kepada masyarakat Kabupaten Kuningan, khususnya kepada generasi muda,” ujar Hamzah.

Sementara itu menurut H.Encu, menilai tujuan pelaksanaan Hafidz Qur’an itu, diharapkan dapat melahirkan generasi yang cinta Al Qur’an dan mengamalkan Al Qur an dalam kehidupan sehari-hari. Program tersebut merupakan antisipasi atas kemajuan Teknologi, Informasi Komunikasi (TIK) saat ini.

Selain dampak positif, lanjut H. Encu, TIK juga memiliki dampak negatif. Tak heran bila Pemda terus berusaha menciptakan program-program untuk melahirkan generasi yang cinta terhadap Al Qur an. “MTQ harus menjadi bagian dari kebutuhan hidup umat muslim yang setiap tahun harus dilaksanakan,” tegasnya.

H. Encu  juga sangat menyambut baik pelaksanaan Hafidz Qur'an yang diadakan Di KIC itu. Dirinya mengaharapkan dari  kegiatan tersebut dapat memberi dampak, sekaligus peluang kepada seluruh masyarakat Kota Kuda, agar bisa menjadikan KIC sebagai Pusat Study Islam Kuningan.

“Kami dari KIC menyambut baik kegiatan ini dan mudah-mudahan, masyarakat lainnya tidak sungkan-sungkan untuk menggunakan prasarana KIC sebagai pusat pembelajaran Islam,” pungkas H. Encu.(Tatang Budiman)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




















Berita Terkini

Categories