Lomba Ketangkasan Berkuda Saptonan Acara Unggulan Di Peringatan Hari Jadi Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-09-01 20:00:48+07

Lomba Ketangkasan Berkuda Saptonan Acara Unggulan Di Peringatan Hari Jadi Kuningan.jpg

Lomba ketangkasan berkuda tradisi saptonan kuningan dilapang Desa Ancaran, Kecamatan/Kabupaten Kuningan Kamis (01/09/2016), memikat ribuan penonton.

 

Kuningan – Acara tradisi gelaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kuningan, yang kehadirannya sangat dinanti masyarakat diantaranya adalah lomba ketangkasan berkuda Saptonan.

Dan perhelatan yang memperlombakan aksi para peserta dalam memacu kuda, serta melontarkan tombak dengan sasaran lubang ring besi berdiameter kurang lebih 12 cm, dimana dibawahnya tergantung ember berisi air, menggantung di atas mistar setinggi 3 meter tersebut, untuk tahun ini dilaksanakan di lapangan Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan.

Ada sekitar 22 peserta yang mengikuti lomba dan sebagian pesertanya hampir sebagian para kusir delman kota Kuningan yang menggunakan kuda sehari hari yang biasa dijadikan sebagai penarik delman.

Dalam tradisi lomba Saptonan peserta secara bergiuliran adu cepat memacu kudanya memasuki mistar gawang tempat gantungan ember, setelah dekat peserta dengan sigap langsung menghunuskan tombaknya yang diarahkan lansung tepat kearah lingkaran ring yang ada dibawah ember tersebut, sambil tetap menjaga keseimbangan lari kudanya.

Acara saptonan yang digelar setiap tahun, resmi digelar oleh Bupati Kuningan H.Acep Purnama SH MM, para pejabat, camat dan para Kepala Desa, serta ribuan masyarakat ini selain menggelar perlombaan adu ketangkasan pacuan kuda, juga disuguhkan acara adat lainya seperti pertunjukan seni tradisional Kuningan serta penyerahan hasil bumi dari tumenggung kepada kerajaan untuk dibagi bagikan kepada masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudaayaan Kabupaten Kuningan Tedi Suminar Mengatakan rangkaian acara saptonan ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan sekaligus melestariikan seni tradisional yang ada di Kabupaten Kuningan sebagai salah satu upaya mendongkrak pariwisata yang ada di Kabupaten Kuningan yang nantinya wisatawan dari luar daerah ingin berkunjung dan berwisata Ke Kuningan.(T. Budiman).

 

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : SENI & BUDAYA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories