Luapan Aliran Sungai Cimonte Putuskan Jembatan Penghubung Antar Dusun Di Desa Jalatrang

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-02-10 14:37:45+07

photo_2019-02-10_14-31-41.jpg

Selain Jembatan terputus di Desa Jalatrang, Kecamatan Cilebak longsorpun melanda Desa Cantilan, Kecamatan Selajambe yang mengakibatkan akses jalan Cipasung – Subang tertutup, pada Sabtu (9/2/2019)

 

Kuningan – Derasnya hujan yang mengakibatkan meluapnya aliran Sungai Cimonte yang melintasi Rt. 15/03, Dusun Kliwon, Desa Jalatrang, Kecamatan Cilebak telah menyebabkan putusnya jembatan penghubung antar dusun, pada Sabtu sore (9/2/2019).

Hal itu dibenarkan Danramil Subang Kapten Nasri, bahwa hujan deras yang terjadi dari pukul 15.30 hingga pukul 17.00 WIB di wilayah Cilebak dan sekitarnya, telah menimbulkan luapan air di aliran Sungai Cimonte, serta menyebabkan jembatan penghubung antar dusun di Dusun Kliwon, Desa Jalatrang terputus.

Dan untuk mengantisipasi terjadinya bahaya susulan, kata Nasri, warga masyarakat setempat langsung memasang rambu-rambu, atau tanda agar tidak ada yang melewati jembatan tersebut.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengungkapkan, hujan deras yang terjadi kemarin tersebut bukan hanya mengakibatkan jembatan penghubung antar dusun putus. Tetapi, di Dusun Belah, Desa Cantilan, Kecamatan Selajambe pun telah terjadi tanah longsor.

“Longsor yang terjadi tadi malam di Desa Cantilan, Kecamatan Selajambe telah menyebabkan tebing setinggi 15 meter dan panjang 50 meter longsor, sehingga akses jalan Cipasung – Subang tertutup, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat,” ungkap Agus.

Namun menurut Agus, pihaknya telah menurunkan tim asessment dan tim pembersihan lingkungan, “Kami beserta warga masyarakat dan juga dibantu dengan TNI, Polri langsung bergerak membersihkan material longosoran yang terdiri dari tanah, juga pohon tumbang, dan Alhamdulilah sekarang jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat,” jelasnya. (Abel Kiranti)

 

2 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com













Berita Terkini

Categories