Mahasiswa Harus Melek Isu Kedaerahan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-08-30 13:02:13+07

Mahasiswa Harus frfr.jpg

Younggy Septhandika Permana, Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Kuningan.

 

Kuningan – Mahasiswa sebagai elemen warga masyarakat mempunyai peran strategis dalam pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat, namun masih banyak mahasiswa yang belum sadar akan tanggung jawabnya sebagai perwakilan masyarakat dalam hal transformasi edukasi masyarakat di sekitarnya.

Otonomi daerah sebagai produk era reformasi perlu dicermati secara profesional dan mahasiswa menempati peran strategis dalam mengoptimalkan keberhasilan pembangunan daerah, khususnya dalam pengembangan ilmu pengetahuan, perkembangan teknologi serta pola pikir sesuai dengan budaya religi dan adat daerahnya masing-masing. Sehingga, mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah agar memiliki daya saing yang unggul dengan daerah lainnya.

Dewasa ini, kita telah menyadari bahwa mahasiswa termasuk kalangan elite karena dari jutaan orang pemuda di Indonesia hanya segelintir saja yang berkesempatan mengenyam di perguruan tinggi. Mahasiswa memiliki potensi besar untuk melakukan mobilitas di berbagai sektor yang akan mereka capai baik itu publik sektor maupun privat sektor.

Potensi yang mereka miliki itu sangat diharapkan oleh masyarakat untuk membangun kehidupan dari daerah merekanya masing-masing. Kuningan sebagai kabupaten yang masih proses berkembang tentunya sangat membutuhkan ide dan gagasan yang progresif bagi pembangunan di setiap sektornya.

Untuk itu mahasiswa dan mahasiswi Kabupaten Kuningan harus peka terhadap isu kedaerahan yang berkembang. Mahasiswa tidak boleh apatis dalam menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di Kabupaten Kuningan. Mahasiswa tidak boleh terlena dengan kemajuan iptek apalagi diperbudak oleh game online dan kenyamanan era globalisasi. Sebagai agen of change sudah seyogyanya mahasiswa harus menemukan peluang untuk memanfaatkan kemajuan iptek.

Mulai saat ini marilah kita lebih melek lagi terhadap isu kedaerahan baik itu isu politik, ekonomi, sosial budaya maupun kebijakan pembangunan dari pemerintahan daerah agar kita semua bersama-sama bisa mengawasi kinerja dari perangkat daerah dan juga mampu memberikan gagasan yang solutif dan inovatif.

 

Penulis : Younggy Septhandika Permana, Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Kuningan.

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, ARTIKEL

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories