Mahasiswa Unswagati Gelar Acara Penyuluhan Pemijahan Ikan Gurame Didesa Sumbakeling

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-08-28 09:52:49+07

Mahasiswa Unswagati Gelar Acara Penyuluhan Pemijahan Ikan Gurame Didesa Sumbakeling-ok.JPG

Suasana seminar pemijahan ikan gurame, atau budi daya ikan gurame di balai Desa Sumbakeling yang diprakarsai mahasiswa Unswagati, dengan menhadirkan pembicara Deni Rianto dari Departemen Pertanian (Deptan), pada Sabtu (28/8).

 

Kuningan – Puluhan warga Desa Sumbakeling, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan terlihat antusias mengikuti seminar tentang pemijahan ikan gurame yang diprakarsai mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati), dengan menghadirkan pembicara Deni Rianto dari Departemen Pertanian (Deptan), bertempat di balai Desa Sumbakeling, Sabtu (27/8).

Dalam pertemuan yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Sumbakeling Habib Soleh, Deni memaparkan seputar kebutuhan konsumsi ikan gurame untuk Kabupaten Kuningan yang hampir mencapai 5000 ton pertahun, sedangkan petani ikan di Kabupaten Kuningan sendiri hanya mampu memproduksi 2000 ton ikan pertahun.

Sehingga menurut dia, peluang bisnis budidaya ikan gurame di Kabupaten Kuningan masih terbuka lebar, dan dari segi ekonomi masih menjanjikan, “Saya sangat berharap setelah seminar ini masyarakat bisa tertarik untuk melakukan budidaya ikan gurame,” katanya.

Sementara itu, Meidy Renaldy salah seorang mahasiswa Unswagati yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan acara mengungkapkan, dengan digelarnya seminar tersebut, warga Desa sumbakeling, terutama yang memiliki kolam ikan bisa mengerti dan tertarik untuk mencoba budidaya ikan gurame.

“Ya tentunya dengan digagasna acara seminar ini, tujuan kami agar masyarakat Desa Sumbakeling, terutama mereka yang memiliki kolam bisa memahami cara pemeliharaan ikan gurame dengan benar, karena ini merupakan peluang besar untuk meningkatkan penghasilan mereka,” jelas Meidy.

Sementara itu, Kepala Desa Sumbakeling Habib Soleh sangat berharap, paska digelarnya seminar, bukan cuma akan tumbuh minat masyarakat di desanya untuk melakukan budidaya ikan gurame, tetapi pihak Deptan juga mau terus membantu memberikan kontribusi, dan bantuan.

“Besar keinginan kami, agar pihak Deptan mau terus mambantu masyarakat kami, terutama dalam hal melakukan pembinaan pembudidayaan ikan gurame, sekaligus memberikan solusi untuk pemasaran dari hasil budi daya tersebut,” tuturnya. (T.Budiman)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories