514
Thursday, 18 June 2020 20:14 (10 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Makanan dan Minuman Ini Bisa Menghentikan Kecanduan Merokok. Wajib Dicoba!

Makanan dan Minuman Ini Bisa Menghentikan Kecanduan Merokok. Wajib Dicoba!

Meski sudah begitu banyak peringatan yang menyatakan bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, bahkan dapat merusak organ vital tubuh. Namun masih banyak orang yang seakan tak memperdulikannya.

Memang bukan hal mudah untuk keluar dari kecanduan merokok, namun ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Anda bisa mencoba keluar dari bayang-bayang rokok dengan memperbanyak konsumsi makanan dan minuman berikut.

Ya, beberapa makanan dan minuman berikut cukup efektif untuk menghentikan hormon stress yang kerap kali muncul ketika Anda menghentikan kebiasaan buruk ini.

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Susu

    Ketika keinginan untuk kembali merokok muncul, Anda bisa langsung mengalihkannya dengan mengambil segelas susu dari kulkas. Menurut temuan yang dilansir pada jurnal Nicotine and Tobacco Research di tahun 2007, terbukti banyak perokok yang memilih susu sebagai alternative pengganti rokok.

    Dalam penelitian tersebut, sebanyak 209 perokok diminta untuk menikmati berbagai jenis makanan dan minuman lezat. Dari jumlah tersebut, banyak perokok yang memilih produk susu untuk menghilangkan keinginanya merokok. Produk susu disini berfungsi untuk menghilangkan sensasi pahit pada lidah akibat kebiasaan merokok.

  2. Kacang

    Tahukan Anda jika para pecandu rokok biasanya akan mengalami peningkatan berat badan yang drastis ketika memutuskan untuk berhenti merokok? Ya, nafus makan mantan perokok cenderung akan meningkat dan dilampiaskan dengan mengonsumsi cemilan.

    Tapi, untuk menjaga kesehatan tubuh Anda pun harus memilih cemilan yang sehat dan kaya gizi, seperti kacang-kacangan. Berbagai jenis kacang bisa Anda konsumsi, seperti kacang methe, almond, kacang polong dan masih banyak lainnya.

  3. Sayur dan Buah

    Sudah tak perlu diragukan lagi manfaat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan. Berbagai vitamin, mineral serta beragam kandungan gizi lain bisa Anda dapatkan dari sayur dan buah.

    Beberapa jenis sayur dan buah yang efektif untuk menghentikan kecanduan merokok antara lain adalah pisang, apel, jeruk, pir, brokoli, bayam dan berbagai sayur maupun buah yang memiliki kandungan antioksidan, vitamin serta serat tinggi.

    Sayur dan buah juga berfungsi untuk mengembalikan sensitifitas lidah yang sempat menurun ketika Anda menjadi perokok aktif.

  4. Popcorn

    Siapa sangka cemilan yang biasa jadi teman nonton film ini juga efektif untuk membantu menghilangkan kecanduan merokok. Keinginan untuk terus mengonsumsi makanan dan mengunyah bisa Anda alihkan dengan makan popcorn.

    Tak perlu khawatir dengan berat badan yang akan naik meski Anda mengonsumsi popcorn dalam jumlah banyak. Sebab, dalam 1000 gram popcorn atau setara 5 cup popcorn, hanya memiliki 150 kalori.

    Tapi ingat, hindari mengonsumsi popcorn dengan kandungan gula, garam dan mentega. Anda bisa menggantinya dengan keju parmesan atau minyak zaitun untuk menambah cita rasa popcorn.

Yuk mulai latih diri Anda untuk beralih ke kebiasaan yang lebih baik. Ingat, efek buruk rokok pasti akan Anda rasakan, meski bukan dalam waktu dekat. Bahkan Anda tak hanya membahayakan diri sendiri, namun juga orang-orang sekitar yang menghirup asap rokok Anda.

Kecanduan Merokok kesehatan tubuh Merokok rokok Susu Kacang Sayur dan Buah Popcorn cara berhenti merokok

Komentar

Berita Terkait