Makna Teater Jalanan Universitas Kuningan Pada Karnaval Budaya Tahun 2019

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-09-05 23:32:09+07

Makna Teater Jalanan Universitas gsdwweew.jpg

Teater Jalanan Universitas Kuningan pada Karnaval Budaya peringatan Hari Jadi Kuningan ke 521, Kamis (5/9/2019).

 

Kuningan – Dari sekian peserta yang mengikuti Karnaval Budaya, teater jalanan Universitas Kuningan (UNIKU) diperkirakan menjadi salah satu peserta yang paling memikat perhatian masyarakat.

Hal itu dapat dibuktikan tatkala melihat antusiasme dari masyarakat yang melihat penampilan UNIKU memberikan tepuk tangan tanda apresiasi, serta banyaknya berbagai postingan masyarakat di media sosial pribadinya tentang betapa bagusnya teater jalanan UNIKU.

Pada tahun ini UNIKU menampilkan teater jalanan dengan tema “Kering”. Para tokoh yang tampil pun didandani layaknya pepohonan yang mengering. Semua atribut yang mereka gunakan terlihat kering.

Teater jalanan tersebut memadukan antara seni musik dengan teater. UNIKU sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan perguruan tinggi yang beberapa tahun terakhir ini tak pernah absen ikut andil dalam karnaval budaya.

Menurut Sutradara Teater Jalanan yang juga Sekretaris Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Arip Hidayat, M.Pd, dalam pawai karnaval alegoris kali ini pihaknya mempersembahkan teater jalanan yang bertemakan “Kering”.

“Kering merupakan metafor dari kondisi dan situasi saat ini, baik tentang alam maupun manusia. Kering alam menyebabkan bencana, kering pikiran dan hati manusia menyebabkan hilangnya sisi kemanusiaan,” terangnya.

Ia pun menekan bahwa makna kering bukan berarti soal musim, bukan hanya soal tanpa hujan, bukan hanya soal debu, “Tetapi soal kita semua, soal kehidupan,” tandasnya.

Sementara terkait keterlibatan peserta, Arif menyebutkan diperkirakan ada sekitar 450 orang yang turut meramaikan dan memeriahkan kegiatan teater jalanan pada karnaval budaya dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-521.

Selain itu, turut hadir dalam acara karnaval pawai alegoris tersebut Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH, MH, beserta jajaran, Rektor Universitas Kuningan Dr. Dikdik Harjadi, SE, M.Si, dan jajaran. (TedyAgeng)

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, SENI & BUDAYA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories