Mantan Kabag Humas Setda Kuningan Diduga Selewengkan Dana Program Pembinaan Media Massa

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-26 15:51:08+07

Mantan Kabag Humas Setda Kuningan Diduga PS.jpg

Kantor Pemerintahan Daerah Kabupaten Kuningan

 

 

Kuningan – Mantan Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ABS Diduga telah menyalahgunakan dana APBD tahun 2016 untuk program pembinaan media massa, dengan kisaran hingga mencapai sekitar Rp. 1,3 miliar.

Hal tersebut terungkap setelah adanya keluhan dari beberapa media cetak yang mengaku sudah hampir 4 bulan belum dilakukannya pembayaran langganan koran, dan iklan, bahkan diantaranya terdapat koran nasional yang sudah hampir satu tahun pesanan iklannya tak kunjung dilunasi hingga saat ini.

Seperti diungkapkan MS salah satu wartawan koran harian, jika hingga saat ini tunggakan koran dari Bagian Humas Setda Kuningan tak kunjung dibayar, “Setiap saya tagih selalu berasalan belum ada anggarannya, serta terus menerus mengumbar janji, nanti akan segera dibayar. Dan hal itu tidak hanya terjadi pada saya, begitu pula pada rekan-rekan wartawan lainnya,” ungkapnya.

MS mengaku, dari hasil penelusuran dia beserta beberapa rekan wartawan lainnya diperoleh data bahwa anggaran APBD tahun 2016 untuk media massa dengan jumlah Rp. 800 juta, telah dicairkan dengan jumlah Rp. 80 juta setiap bulannya, selama tahun anggaran 2016, dan satu mata anggaran sebesar Rp. 500 juta juga telah dicairkan setiap bulannya sebesar Rp. 50 juta, namun uang tersebut tidak jelas peruntukannya, hingga meninggalkan utang tunggakan langganan koran dan iklan.

Salah satu narasumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, bahwa memang benar ada tunggakan pembayaran kepada media yang sudah langganan sebesar Rp. 136 juta, bahkan sudah dilakukan pemanggilan terhadap ABS termasuk dirinya oleh Asisten Administrasi Setda Kuningan, Nana Sugiana.

Saat ditemui BINGKAIWARTA di ruang kerja barunya, ABS sendiri menyanggah dugaan penyalahgunaan dan program pembinaan media massa, dan menurutnya selama ini dirinya tidak pernah memegang uang tersebut, karena uang adanya di bendahara.

“Saya tidak merasa melakukan penggelapan uang sebanyak itu, apalagi jumlahnya hingga miliyaran rupiah. Kalau masalah utang, itu kan wajar, setiap dinas juga meninggalkan utang, disamping itu terkait dana tersebut, saat ini sedang dibuat kok SKPJ-nya,” ujar dia kepada BINGKAI WARTA.

Sedangkan Asisten Administrasi Setda Kuningan Nana Sugiana ketika dikonfirmasi terkait masalah ini, membenarkan sudah melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan, “Saat ini sedang di buat SPJnya. Dan untuk proses selanjutnya saya belum bisa berkomentar apa pun,” ujar Nana kepada BINGKAI WARTA, Selasa (24/1).

Salah seorang tokoh wartawan Kabupaten Kuningan Z berpendapat, dari masalah ini dapat dilihat lemahnya pengawasan, terutama dari Inspektorat Daerah, sehingga tidak ada bentuk tindakan hukum. (Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories