Mari Jauhi Keluh Kesah dan Mari Berlatih Bersyukur Untuk Raih Bahagia Setiap Waktu

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-01-28 11:42:27+07

Keluh KesahPS.jpg

Ilustrasi.

 

Kuningan - Dalam kehidupan keseharian kita, tentunya kita memahami dan menjalanani adanya dinamikan hidup, susah senang, sedih gembira. Ujian dan cobaan hidup termasuk hal yang jadi keseharian kita semua sebagai manusia. Sebagian manusia diberikan kelebihan dan kelimpahan harta, kebahagiaan keluarga dan segala yang terlihat secara fisik. Namun, tidak sedikit pula manusia yang mengalami kesulitan hidup dalam hal materi, kelaparan, himpinan beban hidup, sakit yang berkepanjanga, belitan hutang, kemiskinan dan berbagai jenis ujian kesempitan hidup lainnya.

 

Sebagai seorang muslim, penulis mengajak kembali kita umat islam untuk kembali mengacu pada alquran dan hadist dalam menjalani kehidupan kita. Kedua hal itu sangat sempurna dan disiapkan sebagai pedoman menjalani kehidupan agar mendapat kebahagian yang hakiki dan keselamatan di dunia dan akhirat. Dalam artikel ini, penulis mencoba merangkum dari beberapa bahan yang berkaitan dengan judul materi.

 

Pengertian Keluh Kesah

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, Keluh kesah diartikan segala ucapan yg terlahir krn kesusahan (kepedihan dsb). Seperti yang kita ketahui bersama, tidak jarang keluh kesah menjadi bagian dari drama kehidupan manusia. Lalu apakah keluh kesah dan curhatan itu dapat menyelesaikan permasalah, meringankan beban kesusahannya atau malah sebaliknya. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, penulis akan mencoba menyampaikan hal hal yang berkaitan dengan keluh kesah dan bagaimana solusi atau cara cara yang diajarkan oleh agama Islam untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini beberapa ayat dan hadist berkaitan dengan sikap dan solusi keluh kesah:

” Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah. Dan apabila ia mendapat kebaikan ia Amat kikir. kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat. ” (Q. S. Al Mariij: 19-22)

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Q. S. Al Baqarah:216)

 

Jangan Berkeluh Kesah! Mengeluh memperburuk keadaan dan bukan solusi

Berikut ini adalah beberapa ayat yang berkaitan dengan larangan untuk mengeluh, Allah SWT mengingatkan manusia agar selalu bersyukur, tidak mengeluh menghadapi segala ujian dan cobaan dari Allah. Jangan berputus asa atas nikmat dan kasih saying Allah. Karena Allah maha pengasih dan penyayang.

“Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (Q. S. Ibrahim: 34)

“Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.” (Q. S. Al Hajj: 11)

 

Cara mengobati penyakit Keluh Kesah

Berikut adalah beberapa upaya untuk mengobati penyakit keluh kesah :

  1. Shalat: “Yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya” (QS Al Ma’aarij:23).
  2. Bersedekah: “Dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta)” (QS Al Ma’aarij : 24-25).
  3. Beriman pada hari akhir: “Dan orang-orang yang mempercayai hari pembalasan” (QS Al Ma’aarij : 26).
  4. Hanya takut pada azab Allah: “Dan orang-orang yang takut terhadap azab Tuhannya” (QS Al Ma’aarij : 27).
  5. Senantiasa menjaga kemaluannya: “Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak-budak yang mereka miliki, Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela” (QS Al Ma’aarij : 29-30).
  6. Selalu menjaga amanah: “Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya” (QS Al Ma’aarij : 32).
  7. Senantiasa bersabar dan shalat: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu” (QS Al Baqarah : 45).

 

Solusi Permasalahan: Mendekat pada Allah, tingkatkan kesyukuran dan senantiasa bersabar

Bagi muslim yang beriman, tentu mengetahui dan menyadari bahwa nikmat dari Allah itu sangat amat banyak dan tidak terhitung jumlahnya, dan manusia tidak akan sanggup menghitung. Ujian yang menimpa pada dasarnya tidak sebanding dengan jumlah kenikmatan yang diberikan,sehingga tidaklah pantas manusia mengeluh. Apabila kita mengalami musibah, maka bersabarlah karena apabila kita bersabar dan menjalani dengan penuh ikhlas, Allah akan mengampuni dosa kita.

 

Berikut beberapa keterangan ayat alquran dan hadist yang berkaitan dengan solusi permasalahan hidup manusia, termasuk sikap keluh kesah:

  1. Ingatlah kepada Allah, karena Allah tidak akan memberikan ujian melebihi batas kemampuan hambaNya. “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”. (Q. S. Al Baqarah: 286)
  2. Bersyukurlah karena nikmat Allah sangat Banyak, sedangkan ujianNya sangat sedikit. “Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q. S. An Nahl : 18)
  3. Bersabarlah, maka akan beruntung dan dapat kabar gembira. Mengeluh hanya menambah kegelisahan dalam hati, Rasulullah SAW bersabda : “Tiada suatu musibah pun yang menimpa seorang Muslim, melainkan dengannya Allah hapuskan (dosa-dosa kecil) darinya sampai-sampai sebatang duri pun yang menusuknya.”(Shahih al-Bukhari, kitab al-Mardla, no. 5640; Shahih Muslim, kitab al-Birr wa ash-Shilah, no. 2572).

Sesungguhnya Allah ‘Azza wajalla berfirman: “Apabila Aku memberi cobaan kepada hambaKu dengan melenyapkan kedua perkara yang dia cintai (yakni kedua matanya), kemudian ia bersabar, maka untuknya akan Kuberi ganti surga karena kehilangan keduanya.” (HR. Al Bukhari)

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.”(Q. S. Ali Imran: 200)

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Q. S. Al Baqarah: 155)

Demikian artikel ini penulis susun sebagai pengingat bagi penulis dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga mulai jauh dari keluh kesah dan memperoleh kebahagiaan hati. Wallahualam bishawwab.

 

 

Referensi:

Al-Quran dan Al-Hadist

https://dalamislam.com/hukum-islam/hukum-mengeluh-dalam-islam

http://kajianislammasakini.blogspot.com/2014/03/keluh-kesah-manusia-dalam-hidup.html

 

Penulis : Riki Irfan ST., MSi., Dosen Praktisi, Founder Waroeng Ilmu Kuningan.

7 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, ARTIKEL

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




















Berita Terkini

Categories