2,548
Saturday, 29 December 2018 01:35 (1 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Mari Mengingat Kembali Keuntungan dari Sifat Sabar

Mari Mengingat Kembali Keuntungan dari Sifat Sabar

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Dalam hidup ini, tentu setiap individu tidak akan terlepas dari berbagai persoalan, permasalahan hidup, dari yang paling sederhana dan mudah diatasi hingga permasalahan besar yang sangat berat, membuat manusia gundah, resah dan berupaya keras untuk mengatasinya. Kondisi ini adalah kenyataan yang harus dihadapi sebagai hukum alam yang pasti dan menjadi salah satu tanda kehidupan manusia. Ujian yang paling umum adalah permasalahan di keluarga, permsalahan dalam hubungan sosial, permasalahan dalam hal ekonomi, permasalah di pekerjaan dan lainnya. Kita pasti sering mendengar nasehat dari orang orang mengenai harus sabar dalam menjalani dan sekaligus tetap semangat mencari solusi permasalah permasalahan tersebut. Lalu apa sebenarnya makna sabar itu? selain hanya sebatas ucapan dan terminologi umum dimasyarakat.

Sebagai seorang muslim, penulis pada kesempatan ini mencoba merangkum berbagai referensi ajaran agama Islam yang berkaitan dengan anjuran sabar. Mari kita kaji kembali makna sabar yang sesungguhnya dan apa sebenarnya hikmah serta keuntungan dari sifat sabar itu. Sabar secara bahasa berarti "menahan" dan "mencegah".  Permasalahan hidup atau ujian yang diberikan oleh Allah pada dasarnya untuk menguji seberapa besar keimanan dan ketakwaan kita dalam menghadapi permasalahan (ujian) hidup yang dialami. Adanya ujian hidup juga untuk mengasah kedewasaan cara pikir dan cara bersikap yang pada akhirnya akan membentuk manusia menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Dilain sisi, kenyataan lain adalah tidak semua orang mampu menerapkan kesabaran dalam setiap ujian hidup yang dihadapainya. Ada orang yang justru lepas kendali, keluar dari nilai keimanan dan tidak mau bersabar bahkan akhirnya mengambil solusi yang tidak diridhai oleh Allah. Naudzubillahi min dzalik.

Sabar dalam pandangan ajaran Islam memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar. Karena sifat sabar adalah termasuk perilaku mulia yang wajib dilakukan oleh seluruh manusia agar dapat menyelesaikan semua persoalan hidupnya. Dengan sabar masalah yang dihadapi jadi terasa lebih ringan, dengan sabar masalah yang dihadapi pasti dapat diselesaikan dengan lebih efektif, dengan sabar masalah yang dihadapi dapat diselesaikan tanpa menyisakan rasa sakit hati atau menimbulkan rasa sakit hati lainnya, dengan sabar pula maka manusia akan senantiasa menjalani kehidupannya dengan lebih tenang dan tentram tanpa merasa gelisah.

Sabar adalah menahan diri dari segala gundah-gulana dan emosi, menahan lisan dari keluh kesah, menahan anggota tubuh dari perbuatan buruk, serta bertahan dalam kondisi apa pun seraya terus berserah diri kepada Allah SWT. Sabar yang sempurna itu harus mencakup ketiga hal berikut ini:

  1. Sabar dalam melaksanakan taat kepada Allah, yaitu tetap menjaga kesabaran dalam menjalani kehidupan dan mengamalkan perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan dengan ikhlas dan secara kontinu hanya untuk mendapatkan ridha Allah.

Dan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah dalam memerintahkannya.” (QS. Thaha: 132)

2. Sabar dalam menjauhi kemaksiatan, yaitu senantiasa menjaga kesabaran dan melawan hawa nafsu untuk menghindari semua kemaksiatan.

Yusuf berkata: ‘Wahai Rabbku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika Engkau tidak hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh’.” (QS. Yusuf: 33).

  1. Sabar dalam menerima takdir Allah, yaitu dalam menghadapi takdir Allah harus senantiasa sabar dan bijak. Takdir yang menimpa manusia bisa berupa takdir yang menyenangkan dan berupa musibah. Kedua perkara takdir tersebut harus hadapi dengan penuh rasa syukur dan rasa sabar.

Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Rabbmu.” (QS. Al-Insan: 24)

Maka bersabarlah engkau (Muhammad) sebagaimana kesabaran para rasul yang memiliki keteguhan hati, dan janganlah engkau meminta agar (adzab) disegerakan untuk mereka.” (QS. Al-Ahqaf: 35)

“Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin. Semua perkara (yang menimpanya) adalah kebaikan baginya dan tidaklah hal ini terjadi kecuali hanya pada diri seorang mukmin. Jika dia mendapat kebahagiaan dia bersyukur maka hal ini adalah baik baginya. Dan jika tertimpa musibah dia bersabar maka itu juga baik baginya.” (HR. Muslim).

 

Sabar memiliki tiga rukun yaitu: Menahan hati dari perasaan marah, kesal, dan dongkol terhadap ketentuan Allah; Menahan lisan dari berkeluh kesah dan menggerutu akan takdir Allah; Menahan anggota badan dari bermaksiat seperti menampar wajah, menyobek pakaian, membanting barang barang dan perbuatan lain yang menunjukkan sifat ‘tidak terima’ terhadap ketetapan Allah yang menimpanya. Berikut ini adalah sebagian dari ayat pada Al-Quran yang juga membahas mengenai sabar:

  1. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu,  sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. ” (QS Al-Baqarah: 153).
  2. "…dan orang-orang yang bersabar dalam kesulitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar imannya dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.”(QS.Al-Baqarah:177)
  3. "Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah itu beserta orang-orang yang sabar.”(QS. Al-Anfal:46)
  4. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar. [QS. Fushilat:34-35]
  5. “...dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun” (Sesungguhnya kami adalah milik Alloh dan kepada-Nya-lah Kami kembali.)” (QS. Al-Baqarah: 155-156)

 

Sedangkan untuk keutamaan-keutamaan dari sifat sabar, dirangkum sebagai berikut ini:

  • Orang yang sabar akan senatiasa bersama-sama Allah
  • orang-orang yang bersabar dalam menghadapi ujian Allah akan mendapat predikat taqwa
  • Bersabar adalah ladang pahala tanpa batas
  • Orang yang sabar akan mendapatkan surga
  • Allah menjanjikan kabar gembira bagi Orang-orang yang sabar
  • Orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang mulia
  • Orang-orang yang bersabar akan dapat mengambil hikmah
  • Orang sabar akan memperoleh keberuntungan, keselamatan
  • Sabar meningkatkan derajat kepeloporan dan kepemimpinan
  • Sabar merupakan bagian dari iman
  • Sabar membuat manusia lebih peka terhadap kekuasaan Allah
  • Segala urusan yang dihadapi oleh orang-orang sabar adalah baik

Nah, banyak sekali kan keuntungan dari sabar. Demikian, semoga dapat menjadi pengingat penulis secara pribadi dan umumnya dapat bermanfaat bagi umat muslim di Kuningan Jawa Barat yang membaca artikel sederhana ini. Mari terus melatih sabar dan istiqomah dalam kesabaran dan keimanan. Wallahualam bishawwab.

 

Referensi:

Penulis : Riki Irfan, ST, M.Si.

 

 

cara bersabar meningkatkan sabar melatih kesabaran Riki Irfan

Komentar

Berita Terkait