Mari Pahami Tujuan Hidup Kita

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-11-26 12:01:16+07

Mari Pahami sfsfs.jpg

Ilustrasi.

 

Kuningan – Setiap manusia memang memiliki nasib yang berbeda beda, ada yang kaya, yang cukup dan bahkan ada yang fakir miskin, ada yang pandai dan ada pula yang tidak memiliki pengetahuan. Demikian pula fisik manusia berbeda beda bersuku suku, berbangsa bangsa dengan ras yang berbeda. Namun kita semua pada dasarnya adalah sama, mahluk Allah yang diberikan kemuliaan dibandingkan dengan mahluk lainnya, kita semua adalah keturunan dari nabi Adam dan Hawa.  Lalu, sebagai mahluk Allah, semestinya kita memiliki fungsi dan tujuan. Dalam artikel sederhana ini, penulis merangkumkan mengenai tujuan hidup manusia dan penjelasan mengenai ibadah itu sendiri.

 

  1. Tujuan Hidup Manusia

Lalu apa sebenarnya tujuan hidup kita sebagai manusia? Tujuan kita hidup di dunia adalah untuk menyembah (beribadah) kepada Allah dan tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun, sebagaimana firman Allah dalam ayat al-quran:

“Dan tidaklah Aku menciptakan Jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. (QS. Adz-Dzariyat: 56).

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.” (QS. Annisa: 36).

“Wahai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Ilah selain daripada-Nya.” (QS. Al-A’raaf: 59).

 

Ayat ayat diatas juga mengisyaratkan pentingnya ilmu tauhid, karena tauhid adalah bentuk ibadah yang paling agung, yaitu mengagungkan Allah dan meng-Esakan Allah dalam segala hal kehidupan. Allah lah harusnya yang menjadi tujuan segala kegiatan hidup kita dan tidak boleh disamakan dengan apapun juga.

 

Hasil dari penerapan ilmu adalah amal perbuatan. Ilmu dicari dan dipelajari untuk membantu kita berkegiatan dan beramal kebaikan. Islam adalah pedoman dalam mengaruhi kehidupan agar selamat di dunia dan di akhirat, dan tidak mengikuti langkah syaitan. Setiap muslim itu harus beribadah sesuai dengan tuntunan Rosululloh Muhammad SAW dan tidak boleh sedikitpun membuat tambahan dalam hal ibadah kepada Allah. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran:

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah: 208).

“Katakanlah: ‘Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata. Maha Suci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik.” (QS. Yusuf: 108).

 

  1. Apakah itu Ibadah?

Agar manusia dapat beribadah hanya kepada Allah semata dan tidak menyekutukan sesuatu kepada-Nya, maka ia sebelumnya perlu mengenal ilmu tauhid. Tauhid secara Bahasa arab artinya menafikan segala sesuatu selain sesuatu yang kita jadikan satu saja, kemudia baru menetapkannya.  Sedangkan secara istilah syar’i, tauhid adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan yang benar dengan segala kekhususannya. Setelah mengetahui makna tauhid dalam kontek bersyahadat, barulah muslim harus mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, melaksanakan berbagai kewajiban dan meninggalkan hal-hal yang dilarang. Berikut ini beberapa definisi mengenai ibadah, yaitu:

  1. Ibadah berasal dari kata Abada yang artinya adalah sebagai budak/hamba. Manusia pada hakikatnya adalah sebagai hamba dari Allah SWT. Seorang budak atau hamba tidak lain pekerjaannya adalah mengikuti apa kata majikannya, menggantungkan hidup pada majikannya, dan senantiasa menjadikan seluruh aturan majikannya sebagai tuntunan hidupnya. Begitulah seharusnya manusia menempatkan dirinya disisi Allah, mengakui dan menjalankan sebagai hambaNya.
  2. Ibadah secara bahasa berarti perendahan diri, ketundukan dan kepatuhan. Setiap manusia tidak layak berjalan sombong di muka bumi ini, karena semua manusia harusnya menundukan dirinya dan patuh taat menjalankan semua perintah Allah.
  3. Menurut Ibnu Taimiyah, Ibadah adalah segala sesuatu yang disukai dan diridhai oleh Allah, baik berupa ucapan maupun perbuatan batin atau lahir.
  4. Menurut Yusuf al-Qaraḍawi, ibadah tidak hanya berkaitan dengan salat, puasa, sedekah, haji, umrah, doa, dan zikir semata, tetapi Ibadah itu berkaitan dengan seluruh urusan kehidupan umat manusia yang menyangkut keagamaan ataupun keduniaan, baik lahir maupun batin.
  5. Menurut Ahmad Deedat, ibadah meliputi semua perbuatan, niat (kehendak), dan perkataan yang disukai oleh Allah. Dengan kata lain, ibadah adalah semua ucapan atau perbuatan yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka mencari ridha Allah.

 

  1. Keuntungan beribadah kepada Allah

Pada dasarnya, perintah Allah untuk taat dan menyembah Allah adalah sebagai bentuk kasih sayang Allah agar manusia tidak merugi dan demi keselamatan kebahagiaan manusia itu sendiri baik di kehidupan dunia dan kehidupan abadi di akhirat. Ketika manusia menyembah selain Allah atau menjadikan hal lain selain Allah sebagai Illah atau Tuhannya, maka dia pasti akan merugi karena sudah keluar dari fitrahnya. Menurut Abu Zahrah, tujuan ibadah adalah untuk membersihkan dan mendidik jiwa manusia dan mengukuhkan kehidupan sosial yang baik. Oleh karena itu, ketika jiwa manusia terdidik dan bersih, maka ia bisa mewujudkan kemaslahatan dan menekan keburukan-keburukan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Keutamaan ibadah adalah dengan ibadah dapat mensucikan jiwa dan membersihkannya, dan mengangkatnya ke derajat tertinggi menuju kesempurnaan manusiawi. Agar dapat diterima, ibadah haruslah benar yaitu dengan adanya dua syarat: Ikhlas karena Allah semata dan Ittiba’ yaitu dilakukan sesuai dengan tuntunan Rosululloh Muhammad SAW dan tidak mengada ngada dalam hal ibadah.

 

Demikian, mudah-mudahan kita semua termasuk orang-orang yang pandai bersyukur, mampu untuk senantiasa beribadah kepada Allah dan mendapatkan segala keutamaannya. Aamiin. Waalahu a’lam bishawab.

 

Penulis : Riki Irfan (Founder Waroeng Ilmu Kuningan)

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, ARTIKEL

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com












Berita Terkini

Categories