Masuki Libur Panjang Jalur Jalan Sentra Wisata Kuningan Utara Macet

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-09-10 16:11:00+07

Masuki Libur Panjang Jalur Jalan Sentra Wisata Kuningan Utara Macet (1).jpg

Kepadatan arus lalu lintas di jalur jalan wilayah perempatan Desa Bandorasa Wetan, yang menuju kawasan obyek wisata Linggarjati dan Sangkanhurip.

 

Kuningan – Arus lalu lintas jalur Kuningan utara alami kepadatan luar biasa, bahkan kemacetanpun sempat terjadi di beberapa titik yang merupakan persimpangan menuju wilayah obyek wisata, saat libur panjang perayaan Idul Adha 1437 Hijriyah yang berbarengan dengan liburan akhir pekan.

Kepada BINGKAI WARTA Kapolsek Cilimus Kompol Elin Karlinah menyebutkan, sejak dibukanya tol Cipali kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan mengalami peningkatan yang luar biasa, namun hal itu berdampak pula pada kepadatan arus lalu lintas setiap akhir pekan di sepanjang jalur jalan wilayah Kuningan utara, mulai dari gerbang perbatasan Kuningan-Cirebon di Desa Sampora, Kecamatan Cilimus, hingga perempatan jalan Desa Bandorasa Wetan.

“Ada lima titik kemacetan yang setiap akhir pekannya harus kami antisipasi di wilayah Kuningan utara, atau tepatnya di Kecamatan Cilimus ini, pertama di perempatan Desa Sampora, jalur pasar Cilimus, pertigaan Desa Bojong arah obyek wisata Sangkanhurip, perempatan Desa Bojong arah obyek wisata Linggarjati, dan perempatan Bandorasa wetan arah Sangkanhurip dan Linggarjati,” kata Elin, Sabtu (10/09).

Kepadatan tersebut semakin parah saat tiba musim liburan hari besar, dan liburan sekolah, “Seperti yang terjadi saat ini, karena liburnya agak panjang disambung tibanya hari Minggu, atau akhir pekan, ribuan kendaraan berpelat nomor luar kota, mulai Bandung, Jakarta dan lainnya seakan berdesakan memasuki Kuningan, untuk mendatangi obyek-obyek wisata yang tersebar disini,” tutur Elin.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Subana mengungkapkan, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang terjadi di wilayah Kuningan utara menghadapi libur panjang di awal bulan September tersebut, pihaknya menurunkan 261 personil, serta dibantu oleh anggota dari Polsek Cilimus.

“Personil yang diturunkan untuk menertibkan jalur tersebut kita bagi di beberapa titik sepanjang jalan utama Kabupaten Kuningan, dari bundaran Caracas hingga taman kota Kuningan, namun prioritas utama di 5 titik yang ada di Kecamatan Cilimus, karena wilayah itu merupakan sentra pariwisata di Kuningan, selain wilayah tengah, barat, tepatnya di Cigugur, dan selatan yakni Waduk Darma,” ujar Subarna.

Menurutnya, untuk menghadapi situasi kepadatan kendaraan di liburan panjang kali ini belum diperlukan diberlakukannya rekayasa arus lalu lintas, mengingat situasi masih terkendali, “Hingga saat ini kami belum melakukan rekayasa lalu lintas, karena kondisi maksimal masih sebatas padat merayap, tidak ada kemacetan total,” terangnya.

Disamping itu, lanjut Subana, sudah banyak pengendara yang paham dengan kondisi jalur di Kuningan, dan mengambil jalur alternatif, baik ke jalan baru lingkar Sampora-Timbang yang tembus menuju obyek wisata Sangkanhurip, juga yang datang dari arah Majalengka melewati Kecamatan Mandirancan, tidak melawati jalur utama, namun mengambil arah menembus jalan Cibeureum, menuju Linggarjati. (Pram)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories