Masyarakat Dusun Singkup Maleber Dilanda Keresahan Dengan Musibah Longsor Yang Terjadi Berturut-turut

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-15 18:53:10+07

 

Masyarakat Dusun Singkup Maleber Dilanda PS.jpg

Dampak dari peristiwa tanah longsor sebabkan puluhan rumah warga retak akibat tersusutnya tanah sekitaran bencana dan rumah lainnya terancam.

 

Kuningan – Masyarakat Dusun Singkup, Desa Padamulya, Kecamatan Maleber terus dilanda keresahan dengan musibah longsor yang berturut turut menimpa wilayah mereka, hingga  menyebabkan puluhan rumah rusak berat dan warga terdampak bencana harus dievakuasi.

Warga sekitar lokasi bencana merasa resah dan khawatir apabila hujan turun dan bencana serupa dapat sesekali terjadi dan kembali menimpa wilayahnya.

Menurut keterangan Eyo Tarya, Tagana Kecamatan Maleber, wilayah tersebut memiliki kondisi tanah yang labil sehingga ketika terus diguyur hujan, bencana tanah longsor kerap terjadi.

Akibatnya, ratusan jiwa yang berdomisili di wilayah tersebut terancam dan membutuhkan pertolongan bantuan untuk menanggulangi bencana yang meluluh lantahkan bangunan dan harta benda mereka.

“Dari kondisi geografis wilayah tersebut memang memiliki tekstur tanah yang terkesan labil. Sehingga ketika hujan terus mengguyur wilayah itu, kemungkinan besar bencana longsor akan sering terjadi,” kata Eyo kepada BINGKAI WARTA melalui pesan singkat, Minggu (15/1).

Eyo menambahkan, sulitnya medan untuk ditempuh menyebabkan penanganan bencana berlangsung alot. Sehingga para warga korban bencana harus rela menunggu proses evakuasi dengan menggunakan alat seadanya.

“Sulitnya medan bencana untuk ditempuh juga menjadi salah satu pemicu terlambatnya proses evakuasi. Namun kami bersama aparat dan juga warga sekitar, tetap melakukan penanganan dengan alat bantu seadanya,” katanya.

Eyo yang selalu sigap tatkala bencana menerjang wilayah pelosok sekalipun berharap kepada Pemerintah terkait untuk dapat memberikan solusi guna penyelesaian lebih lanjut peristiwa di wilayah Maleber tersebut.

“Saya berharap Pemerintah Kuningan sendiri mampu terjun dan melihat langsung serta memberikan bantuan kepada para korban tanah longsor di wilayah ini khususnya dan di Kabupaten Kuningan umumnya,” harap Eyo.

Hingga kini, warga di wilayah Maleber tersebut masih membutuhkan bantuan seperti sembako, biaya renovasi bangunan dan juga alat material guna proses penangan dapat berjalan dengan cepat. (TedyAgeng)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories