601
Saturday, 20 June 2020 10:54 (5 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Mengintip Peluang Bisnis Jasa Fotografi Disaat Pandemi Covid-19

Mengintip Peluang Bisnis Jasa Fotografi Disaat Pandemi Covid-19

Bisnis adalah kegiatan menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh individu atau kelompok masyarakat dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan guna memenuhi kebutuhan masyarakat itu sendiri. Dalam berbisnis, setiap orang tentunya akan memikirkan bisnis seperti apa yang dapat menghasilkan banyak keuntungan. Namun dalam berbisnis pula tidak hanya memikirkan soal keuntungan saja, tetapi bisnis yang akan dijalani harus dipikirkan secara matang sesuai dengan kemampuan orang tersebut dalam mengelolanya. Biasanya seseorang akan menentukan bisnis apa yang akan dijalaninya sesuai dengan passion orang itu dan merasa senang menjalaninya.

Dibalik kesuksesan bisnis seseorang, tentunya akan ada risiko yang mereka hadapi baik risiko yang rendah atau tinggi. Setiap pembisnis harus siap untuk menghadapi sebuah risiko dan sebisa mungkin dapat mencegahnya agar tidak menggangu dalam kegiatan bisnis tersebut.

Untuk saat ini mungkin para pembisnis sedang mengalami kendala atau bahkan kerugian karena adanya Pandemi Covid-19 yang berimbas pada semua sektor termasuk kegiatan kewirausahaan. Banyak usaha yang harus ditutup terlebih dahulu untuk pencegahan tersebarnya virus ini, dan sebagian juga harus mengalami kebangkrutan. Masyarakat harus memutar otak untuk berpikir bisnis apa yang cocok untuk keadaan pandemi seperti ini. Dan menurut saya ada peluang bisnis yang mungkin belum banyak orang melakukannya yaitu bisnis jasa fotografi.

Bisnis fotografi merupakan bisnis yang diminati di era saat ini karena peluangnya yang besar apalagi kebanyakan anak milenial zaman sekarang suka dengan berfoto dan nampaknya hampir setiap orang mempunyai momen istimewa yang pastinya ingin diabadikan seperti pernikahan, wisuda, acara ulang tahun, acara kelaurga, dan sebagainya. Melihat banyaknya orang yang suka dengan berfoto, tentunya menjadi peluang bagi pihak yang mempunyai keahlian di bidang fotografi. Bisnis ini bisa dilakukan orang pribadi atau membentuk sebuah kelompok jasa fotografi seperti WO (wedding organizer) misalnya.

Menjadi fotografer memang tidak mudah, dibutuhkan keahlian khusus terutama dalam mengatur kamera. Fotografer yang menarik tidak hanya pandai memainkan kamera saja, jika ingin diminati banyak orang dia harus punya keahlian lain yaitu dalam mengatur pose klien semisalnya. Karena mungkin beberapa orang tidak pandai berpose saat difoto, jadi seorang fotografer bisa menjadi instruktur pose untuk klien tersebut.

Meskipun saat ini sedang dalam kondisi serba terkendala karena adanya Covid-19, namun jangan salah justru kondisi sekarang ini banyak orang yang melangsungkan pernikahan atau wisuda online yang momennya ingin diabadikan. Hal itu menjadi peluang bagi para fotografer untuk menawarkan jasa fotonya kepada para calon pengantin atau wisudawan/wisudawati. Ya meski dalam masa pandemi yang tidak memungkinkan untuk para pengantin mengadakan resepsi yang mewah, tapi nampaknya acara yang sederhanapun harus tetap diabadikan.

Jika ingin jasanya diketahui banyak orang, fotografer itu bisa mempromosikan bisnisnya lewat sosial media seperti instagram, facebook, path, twitter, dan media lainnya. Tips juga agar promosi lewat sosial media itu bisa menarik banyak orang, postinglah foto-foto yang bagus, editan yang menarik, konsep foto yang unik dan penataan foto yang rapi. Hal itu semua bisa menjadi tips agar jasa fotografi kalian diminati banyak orang.

Jangan salah loh sama penghasilan seorang fotografer, sekali job yang dikerjakan bisa sampai berjuta-juta bahkan puluhan juta. Bisnis ini cocok untuk kalian yang ingin mempunyai penghasilan yang lumayan besar, meskipun dalam keadaan Pandemi Covid-19 ini. Tertarik dengan bisnis itu? Kalian bisa memulainya saat ini juga, tapi jangan lupa tetap laksanakan protokol yang sudah dianjurkan oleh pemerintah ya.

Penulis: Lisnawati (Prodi Akuntansi Universitas Kuningan)

berbisnis peluang usaha berusaha menjual mempromosikan fotografer

Komentar

Berita Terkait