Meski Harus Berjalan Dengan Kursi Roda Heru Tetap Setia Mengabdi Sebagai Guru

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-09-15 19:14:35+07

Meski Harus Berjalan Dengan Kursi Roda Heru Tetap Setia Mengabdi.jpg

Meskipun dalam kondisi kesehatan yang terganggu dan harus berjalan dengan kursi roda, namun tidak menyurutkan Heru untuk terus mengabdikan diri sebagai guru dan pendidik bagi murid-muridnya di SMAN 1 Ciawigebang.

 

Kuningan – Sudah hampir 2,5 tahun Heru Ramayanto, 59, guru olahraga SMAN 1 Ciawigebang, Kabupaten Kuningan menderita diabetes, terserang stroke, juga ginjal yang menyebabkan dirinya harus menjalani cuci darah dalam seminggu dua kali, serta memaksanya menggunakan kursi roda.

Namun, buruknya kondisi kesehatan tidak membuat Heru yang mulai mengajar di SMAN I Ciawigebang sejak tahun 1987 ini surut semangat dalam mengabdikan diri, bahkan totalitas dan loyalitas dirinya sebagai guru sangat terlihat tidak bisa diragukan lagi.

Disamping itu, meski dirinya tinggal di wilayah Pabuaran, Ciledug, Cirebon, dan bukan jarak yang dekat untuk sampai ke sekolah tempat dia mengajar, namun guru yang menurut para alumnus SMA tersebut dahulu demikian tegas, terutama saat melatih Paskibraka ini tidak pernah telat, atau selalu tepat waktu saat datang ke sekolah.

“walaupun kondisi saya seperti sekarang ini, saya akan tetap menjalankan tugas dan kewajiban sebagai seorang guru hingga masa pensiun saya tahun depan. Saya malu, jika harus menerima gaji tanpa melaksanakan kewajiban saya,” tutur Heru kepada BINGKAI WARTA, Kamis (15/9).

Dia berharap, apa yang dia jalani saat ini tak hanya akan menjadikan nilai ibadah buat dirinya, tetapi juga bisa menjadi sumbu motivasi untuk rekan-rekan sesama pengajar, juga para muridnya, “Saya sangat berharap pada rekan-rekan guru, terutama yang masih muda harus benar-benar mengabdi, bukan hanya ilmu saja yang diajarkan, tapi yang lebih diutamakan adalah tata krama, budi pekerti dan sifat yang baik, agar anak didik kita bisa menjadi generasi muda yang tangguh, sekaligus mampu menjaga etika,” ucapnya.

Heru yang telah mengabdi selama 30 tahun, dan selama itu pula selalu aktif dalam berbagai kegiatan sekolah, seperti pembinaan Pramuka, Paskibraka, juga pernah menjadi koordinator Paskibaraka untuk wilayah Kuningan timur tersebut, menurut Carsadi, rekan sesama pengajar di SMAN 1 Ciawigebang, memang tidak pernah berubah, dari dulu hingga sekarang, meski kondisi kesehatannya sudah sangat terganggu.

“Dari dulu, pak Heru memiliki rasa tanggungjawab yang luar biasa terhadap tugas yang diembannya, sikapnya tegas, serta tidak pernah minta dikasihani, bahkan meski saat ini kondisinya seperti itu, sebagai seorang pendidik beliau tidak menjadikan sakitnya sebagai alasan untuk mengajar,” ujar Carsadi.

Menurut Carsadi, apa yang dilakukan Heru merupakan motivasi bagi rekan rekan pengajar lainnya, terutama sikap dirinya yang pantang menyerah, “Sikap dan perilaku pak Heru tak hanya membuat kami kagum, namun merupakan suri tauladan untuk kami semua,” bebernya. (Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com












Berita Terkini

Categories