360
Tuesday, 17 November 2020 18:43 (2 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Minat Jadi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB)? Segera Daftar Disini!

Minat Jadi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB)? Segera Daftar Disini!

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan membuka pendaftaran calon Tim Ahli Cagar Budaya (TACG). Pendaftaran ini terbuka untuk umum dengan waktu pendaftaran dibagi dua (2) tahap.
 
Untuk tahap pertama, pendaftaran dimulai tanggal 16 November sampai dengan 16 Desember 2020 mulai pukul 08.00-14.00 WIB. Tahap kedua, tanggal 17 Desember sampai dengan 30 Desember 2020 mulai pukul 08.00-14.00 WIB. 
 
"Untuk kuota pendaftaran ini dibatasi sampai dengan 21 orang. Apabila pendaftaran sudah memenuhi kuota, maka tidak akan dibuka tahap kedua," kata Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Kuningan, Emup Muplihudin, S.Pd kepada bingkaiwarta.com, Selasa (17/11/2020).
 
Emup yang didampingi Kasi Kelembagaan Sapras, Didin Rasidin, SE menjelaskan, dibentuknya Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) ini yaitu untuk mengantisipasi kerusakan dan kepunahan akan benda, bangunan dan kawasan cagar budaya yang ada di Kabupaten Kuningan.
 
"Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) ini berperan untuk memberi rekomendasi penetapan, pemeringkatan, dan penghapusan cagar budaya. Selain merupakan amanat konstitusi yang tertuang dalam UU No. 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, maka keberadaannya pun sangat diperlukan. Mengingat banyaknya benda, bangunan dan kawasan di Kabupaten Kuningan yang belum diteliti untuk ditetapkan sebagai Cagar Budaya," terangnya.
 
Disampaikan Emup, untuk persyaratan pendaftaran calon Tim Ahli Cagar Budaya (TACG) itu sendiri diantaranya, Warga Negara Indonesia, Sehat Jasmani dan Rohani dengan dibuktikan surat keterangan dokter, Berkelakuan baik dengan dibuktikan surat keterangan kepolisian setempat, berusia paling rendah 28 tahun dengan dibuktikan foto copy akta kelahiran, memiliki keahlian arkeologi, sejarah, antropologi, kesenian, arsitektur struktur dan mekanik, biologi, geologi, geografi, filologi, hukum dan/atau keahlian lain yang memiliki wawasan kepurbakalaan dan/atau wawasan pelestarian Cagar Budaya dengan dibuktikan foto copy ijazah S-1 dan/sertifikat pelatihan khusus dengan bidangnya.
 
"Selain itu, calon pendaftar berasal dari lembaga formal dan non formal dengan dibuktikan dari lembaga tempat bernaung. Memiliki komitmen tentang Pelestarian Cagar Budaya dengan dibuktikan oleh fakta integritas, diutamakan memiliki sertifikat kompetensi dan berdomisili di Kabupaten Kuningan dengan dibuktikan foto copy KTP," ujarnya.
 
Untuk tempat pendaftaran, yaitu Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan di Jl. Raya Sukamulya No.6 Cigugur-Kuningan, telepon 0232 875905.
 
"Atau bisa melalui email : kebudayaan_disdik@hotmail.com Contac Person Emay Maelindriani, SE (0878 2977 0908) dan Hj. Nining Suningsih, S.Pd (0813 9575 0633)," pungkasnya. (Abel Kiranti)
TACB DIKBUD Kuningan DPRD Cagar Budaya

Komentar

Berita Terkait