351
Sunday, 26 July 2020 21:17 (2 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Musim Kemarau Tiba, Ratusan Warga Membendung Sungai Cisanggarung

Musim Kemarau Tiba, Ratusan Warga Membendung Sungai Cisanggarung

Bingkaiwarta, LURAGUNG - Ratusan warga Desa Benda Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan dan anggota Koramil 1507/Luragung Kodim 0615/Kuningan melaksanakan gotong royong membendung sungai Cisanggarung secara manual untuk pengairan areal sawah seluas 140 Ha, Minggu (26/7/2020).

Batuud Pelda Hariyanto mengatakan, mereka terpaksa membendung sungai agar dapat mengairi sawah mereka yang sudah mulai kering karena musim kemarau sudah tiba.

"Sawah-sawah mereka sudah mulai kering. Sudah lama tidak turun hujan. Makanya, terpaksa dengan menggunakan peralatan seadanya kita coba membendung air sungai Cisanggarung. Dengan tujuan agar airnya bisa naik dan nantinya mengalir ke sawah-sawah mereka," ungkap Pelda Hariyanto kepada bingkaiwarta.com.

Menurutnya, bendungan setinggi satu meter tersebut dibuat secara sederhana menggunakan bambu dan kayu yang ditimbun dengan batu-batu kecil yang ada disungai tersebut. Setelah terbendung, genangan air meninggi sehingga nantinya bisa disedot dengan pompa untuk dialirkan ke sawah seluas 140 hektar. (Abel Kiranti)

Sungai Sungai Cisanggarung Membendung Sungai Luragung Kuningan Desa Benda Koramil 1507/Luragung Kodim 0615/Kuningan musim kemarau

Komentar

Berita Terkait