Musium Purbakala Cipari Bukti Sejarah Yang Sepi Pengunjung

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-09-10 17:58:02+07

Musium Purbakala Cipari Bukti Sejarah Yang Sepi Pengunjung.jpg

Maman penjaga Taman Purbakala Cipari memperlihatkan besarnya potensi yang dimiliki obyek wisata sejarah tersebut, tinggal diperlukan upaya pemerintah untuk melakukan promosi, agar tempat itu bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati wisatawan.

 

Kuningan – Benda benda cagar budaya yang ada disitus cipari merupakan  kekayaan budaya  bangsa yang penting artinya bagi pemahaman, serta pengembangan sejarah ilmu pengetahuan dan kebudayaan sehingga perlu dilestarikan dan dilindungi demi pemupukan jati diri bangsa dan benda cagar budaya merupakan tonggak perjalanan hidup manusia sebagai suatu bangsa dan negara

Menurut Maman, salah satu penjaga Taman Purbakala Cipari, musium yang berada dilingkungan Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, serta berdiri di atas tanah seluas 7.000 m² ini pertama kali ditemukan oleh Wijaya pada tahun 1971, dengan temuan pertama sejenis batuan mirip dengan batu yang pernah dipamerkan digedung paseban TRI Panca tunggal cigugur.

“Informasi ini lalu diteliti oleh Pangeran Djatikusumah dengan mengadakan penggalian percobaan,dan mendapatkan sebuah peti kubur batu, kapak batu, gelang batu, juga gerabah,” terang Maman.

Maman mengungkapkan, disamping upaya perlindungan pelestarian dan pengembangan musium, Taman Purbakala Cipari yang merupakan situs cagar budaya, serta sangat potenisal untuk menarik wisatawan, perlu keseriusan pemerintah dalam mengelola dan mempromosikan, karena sampai saat ini minat wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata sejarah ini dirasa masih kurang.

“Tiap tahun wisatawan yang mau berkunjung ke musium ini kurang dari1000 orang, berbeda dengan tempat wisata modern yang minatnya membludak dari tahun ke tahunnya. Mudah mudahan pemerintah dan dinas terkait lebih serius dalam memberikan kontribusi demi kemajuan musium ini, salah satunya dengan terus melakukan promosi, supaya wisatawan  mau berkunjung kemusium ini,” harap maman (Tatang Budiman).

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SENI & BUDAYA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories