545
Sunday, 23 August 2020 15:44 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Nada Dzikra Menjadi Perwakilan FLS2N Tingkat Provinsi Jawa Barat

Nada Dzikra Menjadi Perwakilan FLS2N Tingkat Provinsi Jawa Barat

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Nada Al Badi Dzikra (14) siswi SMPN 1 Kuningan menjadi Juara I ajang menyanyi solo tingkat Kabupaten Kuningan dan menjadi perwakilan untuk FLS2N tingkat provinsi Jawa Barat  yang digelar rutin setiap tahunnya.

Nada yang merupakan putri pertama dari pasangan Uus Yusuf (Eks Anggota DPRD Kabupaten Kuningan Fraksi PPP) dan Dewi Mellyani Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Sindang Agung
 ini sudah dari sejak kecil menggeluti dunia tarik suara. Bahkan, setiap mengikuti lomba menyanyi, Nada selalu menjadi juara.

"Alhamdulillah, sudah banyak kejuaraan menyanyi yang saya ikuti. Sejak SD kelas 1 sudah ikut lomba-lomba nyanyi. Seperti mewakili Kabupaten Kuningan ke tingkat Provinsi Jabar, menjadi Juara Harapan I 
tingkat Provinsi Jabar dll," ungkap Nada kepada bingkaiwarta.com, Minggu (23/8/2020).

Ia meyakini, bakat yang dimilikinya adalah suatu anugerah dari Allah SWT. Karena, di keluarganya sendiri tidak ada yang mempunyai bakat menyanyi. "Semunya mengalir begitu saja. Karena mungkin bakatnya disana ya, jadi lebih mengasah anugerah yang diberikan Allah SWT. Alhamdulillah, saya mensykurinya dan senang sekali," ujarnya.

Diakui Nada, Ia belajar menyanyi dari Guru Kesenian SMPN 1 Kuningan. Berkat arahan dan bimbingan pelatihnya, akhirnya bakat seni yang dimiliki Nada semakin hari semakin terasah. "Yang melatih saya menyanyi yaitu Pak Cecep Guru Kesenian SMPN 1 Kuningan. Beliau yang memberikan arahan dan bimbingan kepada saya hingga saya menjadi Juara I di ajang menyanyi solo tingkat Kabupaten Kuningan serta menjadi perwakan untuk FLS2N tingkat Provinsi Jawa Barat," terangnya.

Perlu diketahui, FLS2N ini adalah kegiatan perlombaan rutin yang digelar tiap tahun meliputi 5 cabang seni, yaitu nyanyi solo, gitar duet, musik tradisi, dan kreativitas tari. 
FLS2N merupakan program kementrian pendidikan melalui Badan Prestasi Nasional yang pelaksanaanya berjenjang dari mulai tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, sampai nasional. Untuk lomba FLS2N tingkat Provinsi dan Nasional tahun ini akan dilaksanakan bulan September secara online, karena situasi masih pandemi Covid-19. 

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, FLS2N di Kabupaten Kuningan tetap dilaksanakan live yaitu pada tanggal 20 Agustus 2020 dengan menerapakan protokol kesehatan. 
"Untuk cabang nyanyi solo dilaksanakan di Aula Gedung PGRI Kabupaten Kuningan. Sebanyak 15 peserta perwakilan terbaik dari masing-masing gugus berlaga membawakan 2 buah lagu, yaitu lagu wajib Bahagia (GAC), dan lagu daerah Jawa Barat. Dengan mendatangkan juri tingkat p
Provinsi Jawa Barat, " jelas Nada.

Sementara itu, pelatih vocal yang juga merupakan Guru Kesenian SMPN I Kuningan, Cecep Spenza sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh Nada Albadi Zikra.
"Nada ini memiliki talenta yang luar biasa dalam bidang tarik suara. Beberapa kejuaraan nyanyi sudah diikutinya dan selalu meraih juara. Wajah cantik, imut, dan suaranya yang tinggi menjadi modal utama dalam setiap penampilannya," kata Cecep.

Cecep pun mengakui, range ambitus suara Nada itu lebih luas dibanding anak seusianya. Jadi, dia bisa menjangkau nada rendah dan mantap di nada tinggi. Keberhasilannya karena kerja keras dan rutin berlatih vocal," ujarnya. 

Dia menambahkan, karakter vocal yang dimiliki Nada bukan hanya bagus di lagu-lagu pop, tapi juga cocok untuk lagu daerah Jawa Barat, seperti lagu Darmaga Cinta yang kemarin dibawakan saat lomba. Ia memiliki cengkok Sunda yang khas . "Seperti yang dikatakan Ketua Dewan Juri dari Provinsi, Dr. Dody Muhammad Cholid (Dosen Seni Musik UPI Bandung) juga mengatakan, kalau Nada ini cukup bagus dan mulus saat membawakan lagu wajib Bahagia yang sebenarnya lagu Trio dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Mudah-mudahan Nada bisa berprestasi ditingkat yang lebih tinggi lagi dan bisa membawa nama baik Kabupaten Kuningan ditingkat yang lebih tinggi lagi," pungkasnya. (Abel Kiranti)

Nada Al Badi Dzikra ( SMPN 1 Kuningan Juara menyanyi solo t

Komentar

Berita Terkait