466
Friday, 19 June 2020 21:23 (4 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

New Normal! Membuka Peluang Bagi Pelaku Usaha

New Normal! Membuka Peluang Bagi Pelaku Usaha

Covid-19 saat ini sedang mewabah ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Berbagai pertimbangan kesehatan dan kebijakan telah diambil pemerintah untuk membatasi kerumunan dan pergerakan orang dalam jumlah besar. Virus global ini menggerogoti berbagai sektor salah satunya sektor perekonomian, baik perekonomian nasional maupun global. Tentu ini sangat merugikan bagi para pelaku ekonomi apalagi semenjak pemerintah mengeluarkan imbauan untuk tetap berada di rumah atau melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Berbagai tempat wisata, sekolah, kampus, kantor, dan bahkan berbagai jenis usaha terpaksa tutup untuk sementara waktu. Maka tak terelakkan hal ini memukul keras berbagai kegiatan ekonomi dengan sangat telak.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan memberlakukan pelonggaran PSBB atau New Normal. Tentu ini membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk menjalankan kembali usaha nya yang sempat terhambat akibat pandemi ini. Dalam new normal ini, situasi maupun kondisinya tetaplah sama. Para pelaku usaha tentu saja harus menerapkan protokol kesehatan dan melakukan strategi usaha yang baru, agar usaha yang dijalankan tetap berjalan seiring dengan diberlakukannya new normal. Meskipun banyak pihak merasa diberlakukan nya Era New Normal ini tidak menutup kemungkinan kegiatan ekonomi sulit kembali pada situasi normal seperti sebelum terjadi pandemi. Pada satu sisi pandemi Covid-19 mendatangkan banyak masalah, namun disisi lain justru bisa menjadi peluang untuk membuka usaha yang menjadi jawaban atau solusi dari permasalahan tersebut. Dengan demikian, peluang menjadi pengusaha baru justru terbuka jika seseorang mampu dan yakin membangun bisnis.

Di tengah pandemi, banyak pelaku usaha melakukan kegiatan usaha dari konvensional ke platform digital. Ini tentu saja salah satu metode atau strategi baru untuk tetap menjalankan sebuah bisnis meskipun berbisnis secara online bukan hal yang baru. Bisnis di era new normal seperti ini harus tetap optimis dan adaptif. Kondisi saat ini bisa saja menjadikan bisnis semakin besar diiringi dengan tetap menjalin relasi yang baik dengan konsumen melalui sosial media maupun membuka bisnis baru sesuai kebutuhan masyarakat. Inilah beberapa peluang usaha atau ide bisnis jelang New Normal :

  1. Berbisnis makanan tahan lama

Kondisi di tengah pandemi ini tentu menimbulkan kebiasaan baru bagi masyarakat. Masyarakat hanya membutuhkan makanan yang tersaji cepat, praktis, ekonomis, namun tetap memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan. Beberapa orang juga lebih suka untuk menyimpan yang tahan lama agar tidak sering keluar rumah.

  1. Alat Sanitasi dan Alat Perlindungan Diri

Di era new normal ide bisnis alat kesehatan dan perlindungan diri seperti hand sanitizer dan masker menjadi pilihan. Buatlah kemasan atau desain yang bisa membuat orang tertarik membeli produk Anda. Misalnya menggunakan desain kekinian, kemasan hand sanitizer yang mudah dibawa kemana-mana dan memiliki kemasan yang kekinian pula.

  1. Kuota Internet atau Pulsa

Aktivitas disaat pandemi ini mulai beralih secara online seperti pelajar atau mahasiswa, bahkan pekerja kantoran tentu saja ini membutuhkan kuota internet yang cukup untuk menunjang kegiatan yang dilakukan secara online. Anda dapat melihat ini sebagai peluang yang bagus untuk berbisnis kuota internet. 

  1. Minuman Herbal

Konsumsi jamu dan minuman herbal lainnya adalah usaha preventif masyarakat untuk menjaga kesehatan di tengah wabah virus Corona. Kesempatan ini bisa dilihat sebagai peluang bagus untuk memulai bisnis minuman herbal atau jamu. Minuman jamu adalah ide usaha kecil dan menengah dengan modal yang relatif kecil namun untungnya bisa berkali-kali lipat.

 

SHINTA FITRIANI

PRODI AKUNTANSI, UNIVERSITAS KUNINGAN

covid19 bingkaiwarta newnormal pelakuusaha minumanherbal internet pulsa

Komentar

Berita Terkait