389
Sunday, 09 August 2020 19:42 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Niat Bakar Rumput, Lahan Seluas 5000 M² Hangus Terbakar

Niat Bakar Rumput, Lahan Seluas 5000 M² Hangus Terbakar

Bingkaiwarta, CIGUGUR - Lahan seluas 5000 m2 yang berlokasi di belakang Perum Pesona Alam Blok C RT 20 RW 07 Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, terbakar sekitar pukul 09.30 WIB, Minggu (9/8/2020).

Berdasarkan informasi dari Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan Mh. Khadafi Mufti, lahan yang terbakar tersebut milik Udir Sudirman warga Cigeureung RT 32 RW 04 Kelurahan Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. 

"Menurut saksi, Adi Purnomo (37), sekitar pukul 10.30 WIB ia melihat kepulan asap. Setelah dilihat ke lokasi sumber asap oleh saksi, ternyata ada kebakaran lahan di belakang rumah saksi. Saat itu juga saksi melaporkan kejadian kebakaran tersebut ke Kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan," terang Khadafi kepada bingkaiwarta.com. 

Dalam waktu 15 menit, dengan dibantu warga sekitar, anggota kepolisian sektor Cigugur, dan empat orang anggota Damkar akhirnya api dapat segera dipadamkan. "Penyebab kebakaran diduga adanya aktivitas masyarakat yang sedang membersihkan kebun dengan cara dibakar. Memang pada saat itu pemilik lahan dengan sengaja membakar rumput ilalang dengan tujuan untuk membersihan lahan miliknya, dan pada saat itu juga pemilik lahan tidak meninggalkan lokasi, menunggu dititik lokasi kebakaran," ungkapnya.

Selain memadamkan api, dikatakan Khadafi, pihaknya dan anggota dari Polsek Cigugur telah memberikan pembinaan agar pemilik lahan jangan sampai melakukan pembakaran lahan lagi karena adapat membahayakan dengan adanya pemukiman penduduk disekitar lokasi kebakaran lahan. 

"Kepada seluruh warga masyarakat sekitar, agar jangan membakar lahan untuk membuka lahan, membuang sampah dengan cara dibakar, karena hal ini dapat menimbulkan kebakaran /kerugian yang sangat besar. Apalagi sekarang sudah masuk musim kemarau," tutupnya. (Abel Kiranti)

Lahan terbakar Hangus Terbakar Damkar Satpol PP Khadafi Mufti Cigugur

Komentar

Berita Terkait