433
Saturday, 22 May 2021 19:05 (3 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Niat Memindahkan Bensin, 2 Bangunan Permanen Milik Warga Terbakar

Niat Memindahkan Bensin, 2 Bangunan Permanen Milik Warga Terbakar

Bingkaiwarta, CIAWIGEBANG - Dua bangunan habis terbakar dilahap sijago merah. Peristiwa ini terjadi Sabtu pagi (22/5/2021) sekitar pukul 07.00 WIB di Desa Ciputat RT 01 RW 01 Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan.
 
Menurut keterangan Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan Mh. Khadafi Mufti membenarkan, bahwa kebakaran terjadi pada 2 bangunan permanen yaitu rumah sekaligus tempat usaha/bengkel/jual bensin Petramini milik Jubaedah (60) yang dijalankan oleh anaknya, Saeful (35) dengan luas bangunan 96 m² . Kedua, yaitu bangunan berupa ruko Studio Photo milik H. Uu Saefudin (62) dengan luas bangunan bangunan 60 m² ( yang terbakar seluas 30 m²). 
 
"Dari keterangan saksi warga setempat, H.Sudrajat (47), sekitar pukul 07.00 WIB Pak Saeful (37) memindahkan bensin dari drigent ke dalam drum ukuran 200 liter sebanyak 2 buah (kapasitas 400 liter) di dapur untuk persiapan pembukaan usaha /rutinitas jualan bensin. Dan pada saat yang bersamaaan tanpa disadari bensin yang sedang diisi dari drigen kedalam drum tumpah ke lantai karena drum dalam keadaan penuh, kemudian bensin tumpah dan berserakan di lantai. Saat itu juga kompor gas yang berjarak kurang lebih 2 meter dari tempat pemindahan bensin dalam keadaan menyala, karena pemilik rumah sedang memasak air. Kemudian terjadilah kebakaran," jelas Khadafi kepada bingkaiwarta.com.
 
Saat itu juga, lanjut Khadafi, pemilik rumah langsung berlari keluar rumah dan memberitahukan kepada keluarga serta warga sekitar. Warga berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya, akan tetapi api semakin membesar dan khawatir merambat kebangunan lainnya.
 
"Beruntung ada warga setempat yang segera melaporkan kejadian tersebut ke kantor Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan. Saat itu juga kami langsung menurunkan 15 anggota Damkar dan 2 randis menuju lokasi kejadian," ujarnya.
 
Saat tiba dilokasi api masih sangat besar. Dengan dibantu anggota Polsek, anggota Koramil, dan anggota Satpol PP Kecamatan Ciawigebang serta warga setempat, akhirnya api berhasil dipadamkan pada pukul 09.30 WIB ( 1 jam 30 menit). "Alhamdulillah api tidak sampai merambat kebangunan lainnya, karena cepatnya laporan kejadian kebakaran dari warga masyarakat. Peyebab kebakaran diduga berasal dari tumpahan bensin yang diisi dari drigen ke dalam drum, karena terlalu penuh dan disambar oleh api yang berasal dari kompor gas yang menyala di dapur," ungkap Khadafi.
 
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja pemilik rumah memerlukan bantuan berupa perbaikan rumah, makanan, obat-obatan, pakaian dll. 
"Pemilik rumah mengalami kerugian sebesar Rp. 215. 060.000,- sedangkan pemilik studio poto mengalami kerugian sebesar Rp. 30.000.000," pungkasnya. (Abel Kiranti)
Kebakaran Damkar Kuningan

Komentar

Berita Terkait