211
Thursday, 01 July 2021 14:08 (3 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Nilai Kebangsaan Semakin Memudar, Generasi Muda Harus Diselamatkan

Nilai Kebangsaan Semakin Memudar, Generasi Muda Harus Diselamatkan

Bingkaiwarta, SELAJAMBE - Dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting dan pundamental untuk ditanamkan kepada setiap warga negara, sebagai proses dalam pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah airnya, terutama dalam memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa, serta terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat membuka kegiatan Sosialisasi Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bagi Aparatur Desa dan Komponen Masyarakat se-Kecamatan Selajambe pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111, di Aula Balai Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Rabu (30/6/2021).

“Pada masa penjajahan, nilai kebangsaan lebih mudah ditanamkan karena rasa cinta terhadap tanah air yang dihadapkan pada tantangan nyata. Namun, di era globalisasi sekarang ini, nilai kebangsaan semakin memudar karena pengaruh pesatnya perkembangan teknologi, digitalisasi, dan komunikasi yang semakin canggih. Sehingga nilai-nilai asing yang tidak sesuai dengan norma bangsa kita begitu mudah masuk dan sangat sulit dibendung,” Ujar Wabup.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, menurutnya, perlu meningkatkan kewaspadaan dan mengerahkan segala potensi yang dimiliki demi mencegah dan memfilter informasi serta nilai-nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

“Saya atas nama pemerintah daerah, mengapresiasi dan menyambut baik atas dilaksanakannya sosialisasi wawasan kebangsaan ini, dengan harapan dapat mewujudkan serta meningkatkan rasa cinta tanah air sekaligus meningkatkan sikap gotong royong yang menjadi ciri dan karakter bangsa kita,” ucapnya.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati meminta masyarakat untuk tetap patuh menjalankan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Karena itulah upaya strategis kita dalam meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga harapan kita semua agar kesehatan pulih dan ekonomi bangkit segera terwujud,” pungkasnya.

Kegiatan Sosialisasi Pemantapan Wawasan Kebangsaan, turut dihadiri Kasrem 063/Sunan Gunungjati Cirebon, Dandim 0615/Kuningan, Kepala Kesbangpol Kab.Kuningan, Unsur Muspika Kecamatan Cigugur, Kadugede, Nusaherang, Darma, Sejambe, Subang, dan Cilebak. Sementara, peserta terdiri dari perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan PKK desa setempat. (Abel Kiranti)

Tmmd

Komentar

Berita Terkait