Ormas Minta TNGC Bebaskan 16 Warga Yang Ditahan Dengan Dugaan Pencurian Kayu

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-10-04 17:18:59+07

TNGC.jpg

Masa dari Ormas Gempur saat melakukan aksi di halaman kantor TNGC, Jalan Raya Kuningan-Cirebon KM. 9 No. 1, Manislor, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Selasa (4/10)

 

Kuningan – Masa yang tergabung dalam organisasi masyarakat (Ormas) Gempur sesaki pekarangan kantor Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jalan Raya Kuningan-Cirebon KM. 9 No. 1, Manislor, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, untuk menuntut pembebasan 16 orang warga Desa Trijaya, Kecamatan Mandirancan yang ditahan, akibat diduga melakukan penebangan pohon, pada pagi Selasa (04/10),

Dalam orasinya, koordinator Gempur Desta, meminta pihak TNGC membebaskan 16 masyarakat atas tuduhan penebangan pohon dikawasan gunung Ciremai, karena menurutnya dia meyakini tuduhan tersebut tidak benar.

“Tuduhan pihak TNGC terhadap 16 warga Trijaya, yang katanya telah melakukan penebangan pohon di lahan kawasan gunung Ciremai tersebut tidak benar, karena sebenarnya mereka hanya memanfaatkan pohon yang telah tumbang,” ungkapnya.

 Menurut Desta, meskipun bentuk tahanan yang diberlakukan pada ke 16 warga Trijaya oleh pihak TNGC tersebut, bukan tahanan kurungan, melainkan wajib lapor, namun dia bersikukuh, agar jenis hukuman apapun yang diberikan klepada masyarakat itu segera dicabut, “Meskipun tidak ditahan seperti di kurung, atau di bui, dan hanya wajib lapor, saya meminta pada pihak TNGC untuk membebaskan ke 16 warga tersebut, karena akan berpengaruh pada psikologi mereka,” harap Desta.

Selain permintaan pembebasan terhadap warga, orasi di halaman yang kemudian dilanjutkan dengan audiensi di ruang pertemuan TNGC, serta kehadiran mereka diterima langsung Kepala Balai TNGC Padmo Wiyoso, pihak Gempur juga meminta kejelasan tentang akses ruang hidup zonasi masyarakat di area lahan gunung Ciremai

Sementara itu Kepala Balai TNGC Padmo Wiyoso mengatakan pihaknya telah menampung seluruh aspirasi yang disampaikan para aktivis tersebut, dan perihal 16 warga Desa Trijaya, hal itu bisa dibicarakan secara kekeluargaan, serta tidak perlu dibesar-besarkan.

“Kami juga memahami apa yang terbaik bagi masyarakat yang tinggal di seputar lahan gunung Ciremai. Dan pihak kami juga siap untuk kembali bermusyawarah dengan masyarakat tentang ruang atau zonasi masyarakat di area gunung Ciremai,” tuturnya. (Alex Budiman)

 

 

 

 

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories