299
Monday, 29 June 2020 18:24 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Pagelaran Seni Pencak Silat Warnai Komsos Kreatif Kodim 0615 Kuningan

Pagelaran Seni Pencak Silat Warnai Komsos Kreatif Kodim 0615 Kuningan

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Dalam rangka pembinaan bela negara, Kodim 0615 Kuningan menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Triwulan I Tahun 2020 dengan mengusung tema "Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif" di Aula Mashud Wisnusaputra Makodim 0615 Kuningan, Jl. RE Martadinata 97 Ciporang-Kuningan, Senin (29/6/2020).

Acara komunikasi sosial kreatif Kodim 0615 Kuningan ini, diisi dengan pentas seni pencak silat yang diikuti oleh beberapa paguron yang ada di Kabupaten Kuningan, diantaranya Paguron Bima Suci, Paguron Tapak Suci, Paguron Pajajaran Cimande, Paguron Merak Emas, Paguron Sinar Muda, Paguron Merpati Putih, Paguron Perisai Diri, Paguron Seno Badi, Paguron Putra Ciremai dan Paguron Pusaka Mande.

Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Karter Joyi Lumi menjelaskan kegiatan komsos kreatif ini berdasarkan pada perintah langsung dari Mabesad yang mengatakan bahwa Pencak Silat sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada sidang Komite di Bogota Kolombia tanggal 12 Desember 2019.

kodim 0615

"Sehingga ada turun surat perintah bahwa semua komando teritorial termasuk di bawahnya Kodim harus membina dan menjaga warisan leluhur ini," jelas Dandim Karter Joy kepada bingkaiwarta.com.

Selain merupakan program satuan, komsos ini sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dengan semua komponen bangsa dalam rangka pembinaan bela negara. "Ini juga sebagai salah satu upaya pembinaan kepada masyarakat khususnya generasi muda yang mempunyai potensi untuk terus berkembang dan merupakan budaya luhur bangsa Indonesia," ujarnya.

Dandim melanjutkan, "Pencak silat sebagai budaya luhur bangsa Indonesia yang harus kita pelihara dan kita kembangkan, sehingga nantinya bisa menjadi masif untuk dapat berprestasi baik di lingkup nasional maupun internasional," imbuhnya.

Meskipun lingkupnya wilayah, pembinaan ini juga dalam rangka pertahanan negara. Karena dengan bekal ilmu pencak silat, maka masyarakat mempunyai kemampuan untuk membela negara.

"Melalui kreatifitas seni pencak silat, generasi muda secara umum  dapat berpartisipasi dalam dalam bidang pertahanan, cinta NKRI demi kemajuan bangsa melalui pelestarian kesenian tradisional yang merupakan budaya luhur bangsa serta melalui kegiatan positif," tandasnya.

Ketua IPSI Kabupaten Kuningan Dr. Ukas Suharfaputra sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kodim 0615 Kuningan. Karena, baru pertama kali ini Kodim Kuningan memberikan ruang untuk bisa bersinergi.

silat

"Saya menyambut baik dengan agenda Kodim 0615 Kuningan yang akan menggelar kompetisi reguler yaitu kompetisi yang teratur dan berkelanjutan. Mudah-mudahan Pak Dandim bisa menjadi salah satu orang tua kami di persilatan demi perkembangan silat ke depan. Tadi beliau menyampaikan agar prestasi silat lebih di dorong lagi. Dengan adanya perhatian beliau, ini sebagai momentum untuk mendorong semangat kita agar lebih meningkatkan prestasi kita baik dalam silat laga maupun dalam silat seni," tutur Ketua IPSI Kuningan

Sementara itu, Ketua Umum Paguron Bima Suci Kabupaten Kuningan Mukhlis Aminudin menuturkan dengan dilaksanakanya kegiatan pentas pencak silat yang melibatkan IPSI Kabupaten Kuningan dengan 10 paguron anggota IPSI, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada KODIM 0615 Kuningan atas terlaksananya kegiatan ini.

"Kami sebagai praktisi silat merasa bangga dengan kepedulian KODIM 0615  yang terlibat secara langsung dalam melestarikan seni budaya silat yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia tak benda oleh UNESCO yang beberapa waktu kebelakang telah di tetapkan Bogota Kolombia. Kami berharap partisipasi KODIM 0615 dalam pelestarian pencak silat dapat berlangsung secara rutin," ungkapnya. (Abel Kiranti)

Kodim 0615 Pencak Silat Pagelaran Seni UNESCO

Komentar

Berita Terkait