207
Wednesday, 09 June 2021 13:49 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

PC IMM Kuningan Awasi Refocusing Anggaran

PC IMM Kuningan Awasi Refocusing Anggaran

Bingkaiwarta, CIGUGUR - Pengurus Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kuningan masa bakti 2021 – 2022 telah resmi dilantik, di Ball Room Hotel Purnama Mulia Cigugur, Jl. Raya Cigugur, Kuningan, Selasa (8/6/2021).

Acara yang mengusung tema “Aktualisasi Trilogi IMM Guna Terciptanya Kader IMM yang Progresif dan Inovatif Untuk Daerah yang Berkemajuan” ini dihadiri oleh segenap pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Ayahanda Pimpinan Daerah Muhammadiyah serta Ibunda ‘Aisyiah dan tak lupa para perwakilan Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah Kuningan yang tergabung dalam Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM). 

Pengurus Cabang IMM Kuningan yang tahun ini di nahkodai oleh Immawan Younggy Septhandika Permana ingin menjaga Ghiroh para kader IMM Kuningan agar senantiasa berkontribusi nyata pada kemajuan Kuningan.

Ayahanda Pimpinan Daerah Muhammadiyah berpesan agar kepengurusan PC IMM yang baru tetap menjadi pelopor dalam menjalankan dakwah amar ma’ruf nahi munkar dengan perannya sebagai mahasiswa.

Dalam rangkaian kegiatan pelantikan, diselenggarakan juga Seminar Sadar Hukum yang mengambil tema hangat yaitu “Awasi Refocusing Anggaran dalam Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kuningan” dengan mengundang seluruh SKPD sebagai peserta seminar yang diisi oleh KPK RI melalui tele konferens. Adapun SKPD yang hadir adalah Bappenda, Bappeda, Inspektorat, DPMD, Diskominfo, Disdikbud, Dinkes, BKPSDM, Dinsos, Kesbangpol, dan BPBD. Penyampaian materi pun langsung menyinggung soal penanganan Covid-19 di Kuningan yang menyerap anggaran dari segenap SKPD melalui refocusing.

"Sangat disayangkan juga seluruh tamu undangan dari setiap SKPD tidak dapat mengikuti seminar tersebut dan, IMM disini mempertanyakan kembali kepada SKPD terkait yang tidak hadir, ada apa SKPD tersebut tidak hadir? ," kata Immawan kepada bingkaiwarta.com, Rabu (9/6/2021).

Karena kata Immawan, pada dasaranya kegiatan ini di gelar dilatar belakangi dari keresehannya SKPD terkait refocusing anggaran. "Maka dari itu IMM hadir untuk memfasilitasi SKPD untuk dapat mengalokasikan anggaran refocusing dengan tepat. Kami minta sudahi saja berucap beribu kata di balut ekspresi menyedihkan yang seakan - akan SKPD ini sedang bermain drama. Pada kenyataannya saat kita fasilitasi dengan nutrisi pemahaman terkait kebijakan refocusing malah SKPD tersebut tidak hadir dan diduga tidak adanya niatan baik untuk terciptanya good government," jelasnya.

Immawan menambahkan, dengan peran IMM sebagai social control akan terus mengawasi setiap pemerintah daerah karena sudah terlalu banyak mendramatisir terkait kebijakan refocusing. "Maju tidaknya Kabupaten Kuningan dapat dilihat dari siapa pemangku kebijakannya dan siapa pelakunya, yaitu salah satunya SKPD. Ketika SKPDnya tidak baik maka disitulah peran IMM akan hadir sebagai social controlnya dan IMM akan terus berkontribusi demi majunya Kabupaten Kuningan," tandasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama S.H, M.H. Ia menyampaikan bagaimana anggaran refocusing Kuningan di alokasikan dan dipergunakan berdasarkan kebijakan yang dibuat. “Pemerintah daerah berupaya menekan jumlah pengeluaran anggaran yang diperoleh dari refocusing agar tepat guna” kata Bupati.

Dengan diselenggarakannya Seminar Sadar Hukum, ini menjadi bukti nyata bahwa PC IMM Kuningan akan terus mengawasi alokasi anggaran refocusing di Kuningan. IMM menyayangkan pada momen pengisian materi dari bupati, paserta SKPD malah memilih untuk pulang duluan. (Abel Kiranti)

Ikatan mahasiswa muhammadiyah

Komentar

Berita Terkait