Pembersihan Sisa Genangan Air Dan Lumpur Sehari Paska Bencana Banjir Di Kecamatan Cibingbin

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-23 20:45:17+07

Pembersihan Sisa Genangan Air Dan Lumpur PS.jpg

Kondisi rumah warga Kecamatan Cibingbin sehari paska kejadian bencana banjir bandang.

 

Kuningan – Sehari paska terjadinya bencana banjir bandang akibat luapan sungai Cijangkelok di Kecamatan Cibingbin, masyarakat dibantu BPBD, unsur Muspida, LSM, juga Ormas Kabupaten Kuningan disibukan dengan melakukan pembersihan sisa air dan lumpur yang menggenangi rumah-rumah warga yang terdampak bencana tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin menyebutkan, banjir yang diakibatkan intensitas curah hujan dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB telah meluapkan sungai Cijangkelok sekitar pukul 16.30 WIB, serta menimbulkan banjir di 7 desa yang ada di Kecamatan Cibingbin, pada Minggu (22/1).

Dan air bah yang merendam 7 desa, diantaranya Desa Citenjo, Sindang Jawa, Cipondok, Sukaharja, Cibingbin, Dukuhbadag dan Ciangir itu, kata Agus, mulai surut sekitar pukul 19.00 WIB, “Sejak pertama kali mendapat laporan kami langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan penanggulangan, pemantauan perkembangan situasi, sekaligus membantu membersihkan sisa air dan lumpur, paska surutnya air,” kata Agus.

Dalam penanganan paska bencana menurut Agus, pihaknya mendapat bantuan dari BPBD provinsi, Polres Kuningan, Kodim 0615, Tagana, PMI, Basarnas, Senkom Mitra Polri, Ormas, LSM, dan Pol PP Kabupaten Kuningan.

Agus menyebutkan, meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun pihaknya mencatat 57 unit rumah terendam, 60 Kepala Keluarga yang berjumlah 198 jiwa terdampak bencana, 9 ekor kambing, serta 1 sapi terbawa arus banjir. (Yud’s)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories