Pemkab Cirebon Akan Menggelar Sedekah Bumi dan Nadran pada 13-15 September 2019

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-09-10 19:54:14+07

Pemkab Cirebon Akan fefefeew.jpg

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon Hartono.

 

Cirebon – Salah satu tradisi yang sudah menjadi event nasional yaitu Sedekah Bumi dan Nadran akan kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon pada tanggal 13-15 September 2019 mendatang, di alun-alun Kramat Makam Sunan Gunung Jati, di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Sedekah Bumi dan Nadran atau Pesta Laut Gunung Jati ini merupakan tradisi yang digelar secara rutin setiap tahun. dan sudah menjadi event nasional.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, Hartono menjelaskan, sebagai salah satu daerah yang kaya akan seni budaya dan adat tradisi yang religius secara umum kegiatan ini merupakan agenda pariwisata budaya sebagai pendukung destinasi di Kabupaten Cirebon.

Lewat kegiatan ini, kata dia, Pemkab Cirebon berupaya melestarikan seni dan adat budaya daerah, termasuk meningkatkan jejaring promosi pariwisata Kabupaten Cirebon dan meningkatkan kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

“Sedekah Bumi dan Nadran Gunung Jati adalah ritual masyarakat petani dan nelayan, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, atas hasil bumi dan tangkapan ikan yang berlimpah. Kami berharap akan lebih meningkat pada waktu yang akan datang,” kata Hartono kepada bingkaiwarta.com, Selasa (10/9/2019).

Ia menjelaskan, Sedekah Bumi dan Nadran Gunung Jati tersebut akan diikuti oleh masyarakat Kecamatan Gunung Jati dan sekitarnya. Meliputi para nelayan, petani, tokoh masyarakat, tokoh adat dan budaya, serta para pelaku seni dan budaya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan helaran tradisi yang menampilkan pagelaran seni dan budaya. Selain itu, akan ada karnaval atau ider-ideran yang diikuti lebih kurang 200 grup peserta. Kemudian ada seni topeng Gegesik, seni tradisional Brai, wayang kulit, wayang golek, seni tarling, dan lainnya. (Abel Kiranti)

2 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SENI & BUDAYA, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories